Tetap Waspada Corona, Pelayanan SIM dan SKCK Tetap Buka di Bandung  

Pelayanan akan gunakan SOP pencegahan COVID-19

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung memastikan pelayanan pembuatan SIM, perpanjang SIM, pengambilan tilang, kemudian pengurusan SKCK akan tetap berjalan meski kondisi Pandemi virus Corona (COVID-19).

"Pelayanan kita masih tetap berjalan seperti biasa yah," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, berdasarkan keterangan yang diterima IDN Times, Selasa (24/3).

1. Dilakukan pengecekan terhadap masyarakat yang akan membuat SIM dan SKCK

Tetap Waspada Corona, Pelayanan SIM dan SKCK Tetap Buka di Bandung  IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ulung mengatakan, pelayanan yang biasa akan diubah sementara, hal tersebut berdasarkan prosedur pencegahan COVID-19. Sehingga, jangan kaget jika nanti akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu kepada masyarakat yang hendak membuat SIM dan SKCK.

"Nantinya akan disterilisasi dengan cairan disinfektan. Kemudian masyarakat juga harus melakukan cuci tangan dengan hand sanitizer yang telah disiapkan," ungkapnya.

2. Proses sterilisasi dilakukan sebaik mungkin

Tetap Waspada Corona, Pelayanan SIM dan SKCK Tetap Buka di Bandung  Penyemprotan dengan disinfektan. (istimewa)

Ulung mengungkapkan, proses sterilisasi dilakukan dalam dua tahap, di mana petugas kepolisian akan menyemprot disinfektan pada malam hari di lokasi pembuatan Sim dan SKCK. Selain itu, aturan sosial Social Distancing.

"Sim SKCK pelayanan malamnya kita semprot, pagi harinya kita siapkan tempat bagi masyarakat yang akan melakukan pelayanan, dia masuk untuk disterilisasi dengan SOP yang ada menjaga jarak," tuturnya.

3. Pembesukan tahanan ditutup sementara

Tetap Waspada Corona, Pelayanan SIM dan SKCK Tetap Buka di Bandung  nytimes.com

Ditemui lokasi yang sama, Kabag Ops Polrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiono menambahkan, bagi masyarakat yang akan melakukan pembesukan kepada tahanan di Polrestabes Bandung, sementara ditiadakan. Mengirim makanan kepada tahanan juga tidak diperkenankan sementara.

"Kepada sanak saudara yang saudaranya ada di tahanan Polrestabes tidak diperkenankan untuk menjenguk atau mengirimkan makanan karena kita sudah siapkan makanan," kata Asep.

4. Polrestabes Bandung jamin kesehatan dan makanan tahanan

Tetap Waspada Corona, Pelayanan SIM dan SKCK Tetap Buka di Bandung  IDN Times/Sukma Sakti

Asep menuturkan, masyarakat diminta jangan takut dan panik bagi anggota keluarganya yang saat ini masih mendekam di ruang tahanan Polrestabes Bandung. Ia mengatakan, kesehatan dan jatah makan diberikan oleh Polrestabes Bandung.

"Kita sudah siapkan semua termasuk kuasa hukum, sementara tidak boleh ada kunjungan dulu. Kita lakukan sterilisasi antisipasi," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya