Comscore Tracker

Terduga Pelaku Pembunuhan Subang Inisial S Masih Bersatus Saksi

S belum berstatus sebagai tersangka

Bandung, IDN Times - Terduga pelaku kasus pembunuhan Ibu dan anak di Subang masih belum terungkap. Satu orang terduga pelaku yang berinisial S kini masih diperiksa dan dimintai keterangan oleh penyidik Polda Jabar atas kasus meninggalnya Tuti Suhartini (55 tahun) dan anaknya, Amalia Mustika Ratu (23 tahun) ini.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, satu orang berinisial S ini diamankan dari progres penyelidikan dan pendalaman. Dari proses itu diperoleh informasi ada seseorang yang berada di TKP saat kejadian.

"Kemudian dari pengembangan ada satu nama. Di mana nama itu akhirnya diperoleh informasi sodara S," ujar Ibrahim, Kamis (11/8/2022).

1. Sosok S ada di lokasi saat kejadian

Terduga Pelaku Pembunuhan Subang Inisial S Masih Bersatus SaksiIlustrasi korban tewas, pembunuhan (IDN Times/ Mardya Shakti)

Ibrahim sendiri masih belum mau menjelaskan secara gamblang siapa S ini. Namun, dia memastikan bahwa saat kejadian pembunuhan ibu dan anak itu, sosok S ada di lokasi. Sehingga, saat ini tim penyelidikan tengah menggali informasi pasti.

"Dia ikut dengan kapal di Kalimantan. Kemudian ditelusuri lagi bahwa tanggal 2 Agustus 2022 berlabuh di Muara Angke, penyidik dan penyelidik lapangan berkoordinasi dengan polsek setempat untuk menunggu kapal, dan didapatkan S ini karena ada petunjuk dia ada di TKP saat kejadian," jelasnya.

2. S belum bisa ditetapkan sebagai tersangka

Terduga Pelaku Pembunuhan Subang Inisial S Masih Bersatus SaksiIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Meski sudah mengamankan S, Ibrahim mengungkapkan belum ada status tersangka dari peristiwa ini. Semua keterangan dari saksi masih akan dikumpulkan dan belum bisa disimpulkan bahwa S merupakan dalang dari kasus ini.

"Sampai saat ini belum ada data detail dari S, dan ini statusnya masih saksi. Data keterangan kami tidak ekspos, tapi kami klarifikasi terkait petunjuk dari penyidik," ucapnya.

3. S berprofesi pekerja lepas di kapal

Terduga Pelaku Pembunuhan Subang Inisial S Masih Bersatus SaksiIlustrasi kasus pembunuhan. (IDN Times/Cije Khalifatullah)

Proses penangkapan S sendiri berawal dari pengembangan sejumlah data dari penyelidikan. Kata Ibrahim, saksi S ini merupakan pekerja lepas di perkapalan. Polda Jabar mendapatkan informasi perjalanan S dan akhirnya langsung diamankan.

"Dapat informasi yang bersangkutan naik kapal dari Cilacap menuju Kalimantan dan jadwalnya akan mendarat di Muara Angke, dan akhirnya diamankan, dan dilakukan pemeriksaan saat itu juga. Dia statusnya anak buah kapal, hanya untuk ikut di kapal tersebut," kata dia.

4. Polda Jabar minta kasus Subang segera diungkap

Terduga Pelaku Pembunuhan Subang Inisial S Masih Bersatus SaksiIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana meminta jajarannya segera mengungkap kasus pembunuhan ibu dan anak di Kabupaten Subang. Hal itu merupakan pernyataan pertama setelah dirinya resmi menjabat Kapolda Jabar.

Menurutnya, semua upaya saat ini tengah dilakukan pihak kepolisian untuk mengungkap kasus tersebut. Ia menegaskan agar para penyidik agar bisa cepat mengungkap kasus itu.

"Dari hasil tempat kejadian perkara (TKP), kita masih memerlukan waktu, tapi saya minta ke serse untuk cepat mengungkap karena itu menyangkut integritas Polri juga," ujar Suntana, Senin (15/11/2021).

Baca Juga: Polda Jabar Lakukan Penyelidikan Kasus Travel Haji Bodong di KBB

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Ibu-Anak di Subang Belum Juga Terungkap!

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya