Tentara Amerika Hilang di Karawang Ditemukan Dalam Kondisi Meninggal

Almarhum Mayor William Walker diduga serangan jantung

Bandung, IDN Times - Tentara Amerika Serikat (AS), Mayor William Walker ditemukan meninggal di Dawuan, Kabupaten Karawang. Almarhum ditemukan meninggal saat survei lokasi untuk latihan bersama Super Garuda Shield (SGS), Senin (22/4/2024) tengah malam.

"Mayor William Walker ditemukan meninggal, kemungkinan itu sakit serangan jantung. Beliau berdinas di Avionik bagian penerbangan tentara Amerika," ujar Kepala Pusat Penerangan TNI. Nugraha Gumilar, Rabu (24/4/2024).

1. Almarhum meninggal saat survei lokasi latihan

Tentara Amerika Hilang di Karawang Ditemukan Dalam Kondisi MeninggalKepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen TNI) Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar (youtube.com/Politeknik Negeri Malang)

Gumilar menjelaskan, almarhum meninggal saat survei lokasi penerjunan untuk latihan bersama Super Garuda Shield yang melibatkan banyak negara. Saat itu beberapa anggota disebarkan di beberapa titik di wilayah Karawang.

"Nah mereka ini mengirim tim laju untuk survei sama TNI untuk lokasi penerjunan di daerah Karawang. Itu survei bersama kami, untuk menentukan lokasi penerjunan di daerah latihan," tuturnya.

2. Almarhum hilang saat hendak pulang survei

Tentara Amerika Hilang di Karawang Ditemukan Dalam Kondisi MeninggalKepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen TNI) Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar (dok. Pribadi)

Setelah disebar di beberapa titik, anggota TNI bersama utusan tentara dari negara lain bersepakat untuk bertemu di satu titik awal saat pulang. Namun, almarhum hingga sore hari tidak kunjung muncul.

"Nah almarhum ditunggu sampai rencana jam tiga kembali itu tidak kembali-kembali. Sampai sore tidak kembali. Sampai akhirnya diputuskan dicari dan malam itu ditemukan sekitar jam 11-12 malam sudah meninggal dunia," kata Gumilar.

3. Jenazah dibawa ke Amerika untuk dikebumikan

Tentara Amerika Hilang di Karawang Ditemukan Dalam Kondisi MeninggalKepala Pusat Penerangan TNI (Kapuspen TNI) Mayjen TNI Dr. Nugraha Gumilar (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Usai ditemukan, anggota langsung membawa jenazah ke rumah sakit untuk dicek dan seteleh itu diserahkan ke kedutaan Amerika Serikat untuk nantinya dikebumikan. Gumilar memastikan almarhum tidak dikebumikan di Indonesia.

"Jenazah saat itu langsung dibawa dicek hasil dan sebagainya itu dilakukan di rumah sakit. Jenazah dibawa kedutaan Amerika, dimakamkan di negaranya," katanya.

Baca Juga: Mantan Bupati Majalengka, Karna Sobari Diperiksa Kejati Jabar

Baca Juga: Golkar Jabar Sudah Siapkan Nama yang Bakal Bertarung di Pilkada 2024

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya