Target Investasi Jawa Barat di 2024 Mencapai Rp250 Triliun

Investasi 2023 sendiri sudah melampaui target

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menargetkan investasi di 2024 melebihi capaian tahun lalu. Pemprov akan menggenjot berbagai langkah untuk memenuhi target tahun ini.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar, Nining Yuliastiani mengatakan, pada 2024 ini target investasi secara nasional mencapai Rp1.650 triliun, dan Jabar akan mendapatkan sekitar 14-15 persen.

"Dan itu kalau dinominalkan sekitar Rp247 triliun sampai Rp250 triliun untuk target 2024, walau pun ini belum dirilis oleh BKPM," ujar Nining dalam acara Beja di Gedung Sate, Selasa (30/1/2024).

1. Investasi 2023 di Jawa Barat sudah melampau target

Target Investasi Jawa Barat di 2024 Mencapai Rp250 Triliun(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Untuk capaian investasi 2023,Nining menjelaskan, dari target BKPM Rp188,03 triliun, Jawa Barat berhasil mengantongi nilai investasi mencapai Rp210,6 triliun. Angka itu disebutkannya merupakan capaian tertinggi.

"Ini berarti 112 persen dari target yang ada. Dan ini merupakan capaian tertinggi di Jabar," ucapnya.

2. Pemprov Jabar optimistis capai target 2024

Target Investasi Jawa Barat di 2024 Mencapai Rp250 TriliunSekuritas.co.id

Disinggung soal target 2024 apakah akan tercapai dengan kondisi Pemilu 2024, Nining merasa optimistis bisa memenuhi target dengan cara berkolaborasi berbagai pihak yang ada di Jawa Barat.

"Kami tetap optimis dengan upaya-upaya yang tadi bersinergi kemudian berkolaborasi. Semuanya enggak akan mungkin kami selesaikan berapa pun targetnya apabila tidak ada kolaborasi, komunikasi dengan berbagai pihak," katanya.

3. Empat sektor ini akan menjadi fokus target investasi

Target Investasi Jawa Barat di 2024 Mencapai Rp250 TriliunGetty Images/iStockphoto

Nining menambahkan, ada beberapa sektor yang akan difokuskan Pemprov Jawa Barat untuk menggaet investor menanamkan modal. Mulai dari sektor infrastruktur, pariwisata, hingga teknologi.

"Untuk Jabar ada empat hal akan jadi fokus peningkatan investasi, infrastruktur, pariwisata hilirisasi dan teknologi dan juga banyak yang masuk ke kita seperti padat modal," katanya.

Sementara, Pj Sekda Jabar Taufiq Budi Santoso mengatakan, pihaknya akan menjaga iklim investasi di Jawa Barat agar tetap kondusif. Fasilitas untuk investor juga akan diberikan semaksimal mungkin.

"Kami akan berupaya sekuat tenaga khususnya seluruh kabupaten dan kota di Jawa Barat memberikan pelayanan perizinan investasi ini," kata dia.

Baca Juga: TKD Prabowo-Gibran Jabar Enggan Ambil Pusing Soal Salam Empat Jari

Baca Juga: Diperiksa Bawaslu Jabar, Ridwan Kamil Dicecar 30 Pertanyaan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya