Tanpa Protokoler, Bey Salat Tarawih di Masjid Lautze Bandung

Bey datang hanya didampingi sopir dan Kepala Disparbud

Bandung, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin melaksanakan salat tarawih hari kedua bulan Ramadan di Masjid Lautze 2, Jalan Tamblong, Kota Bandung, Selasa (12/3/2024). Dia datang tanpa pengawalan patwal dan protokoler.

Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, Bey datang tepat sebelum salat Isya dengan mobil yang dikendarai oleh sopirnya, terlihat juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar.

Bey datang mengenakan pakaian putih lengan pendek, dan celana hitam panjang. Dia juga menggunakan songkok. Bey kemudian duduk di dalam shaf barisan ketiga.

Setelah shalat Isya, jemaah salat tarawih pun kaget ada Pj Gubernur datang, akhirnya DKM masjid meberikan waktu agar Bey menyampaikan sambutan secara langsung. Setelah itu, kegiatan salat tarawih berlangsung.

1. Bey ikut salat berjamaah dari isya

Tanpa Protokoler, Bey Salat Tarawih di Masjid Lautze Bandung(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ditemui seusai salat tarawih, Bey mengatakan, mengikuti salat tarwih berjamaah di Masjid Lautze 2 Bandung merupakan hal yang sudah lama ingin dilakukannya. Dia sendiri mengakui sering melewati masjid itu namun belum memiliki kesempatan untuk salat berjamaah.

"Saya kan orang Bandung terus sering lewat sini tapi belum pernah masuk ikut salat juga belum pernah, jadi hari ini hari pertama ramadan, saya ikut tarawihnya di sini," ujar Bey.

2. Bey kagum dengan program dan kebersihan Masjid Lautze 2 Bandung

Tanpa Protokoler, Bey Salat Tarawih di Masjid Lautze Bandung(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Usai salat tarwih berjamaah, Bey mengungkapkan, dirinya sangat kagum terhadap pengelola Masjid Lautze 2 Kota Bandung. Dia merasakan, masjid itu sangat nyaman dan memiliki beberapa program saat bulan Ramadan.

"Kagum yah masjid ini bagus bersih, khidmat di dalamnya, saya juga baca-baca (sejarah masjid) ketua dkm itu betul-betul menerapkan islam yang rahmatan lil alamin. Terus seperti tahun-tahun lalu yang menyiapkan takjil itu lintas agama," kata Bey.

3. DKM Masjid pastikan Bey datang secara spontan

Tanpa Protokoler, Bey Salat Tarawih di Masjid Lautze Bandung(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sementara itu, Pengurus DKM Masjid Lautze 2 Bandung, Koko Rachmat Nugraha mengaku terkejut dengan kedatangan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin. Hal itu dikarenakan orang nomor satu di Jawa Barat itu datang tanpa patwal dan protokoler.

"Kami kaget yah, seperti kita ketahui bersama tadi kami mau melaksanakan salat tarawih tiba-tiba katanya ada pejabat," katanya.

Menurutnya, kesederhanaan Bey harusnya dicontoh oleh lainnya, bahwa pemimpin harus memiliki sikap tawadhu atau rendah hati.

"Inilah ketawadhuan seorang pemimpin yah, jadi tidak perlu ada protokoler beliau datang seadanya dan kami pun menerima beliau seadanya tanpa ada semacam rekayasa atau gladi, tapi kami spontan. Kami berharap semoga beliau tetap menjabat karna tawadu Insya’Allah amin," kata dia.

Baca Juga: Bey Imbau Kabupaten Kota Tertibkan Tempat Hiburan Malam saat Ramadan

Baca Juga: Bey Minta Warga Terdampak Pergerakan Tanah di KBB Direlokasi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya