Tanah Longsor Timbun Rumah di Bogor, Satu Orang Tewas

Selain satu orang meningal, ada rumah warga yang terdampak

Bogor, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor sejak Selasa(31/12) mengakibatkan tanah longsor di Kampung Kedung Badak Sentral RT 01/RW 13 Kelurahan Kedung Badak Kecamatan Tanah Sereal Kota Bogor, Rabu (1/1).

Longsoran tanah itu menimbun dua rumah dan mengakibatkan satu warga bernama Uus Kusmiyati(30) meninggal dunia akibat tertimbun.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Rr Juaniarti Estiningsih mengatakan, bencana tanah longsor terjadi sekitar pukul 07.00WIB, Rabu(1/1). Dalam peristiwa itu seorang warga meninggal dunia akibat tertimbun material tanah.

"Korban meninggal dunia akibat terkena material longsoran dan sudah dievakukasi ke Rumah Sakit Islam, di Kedung Badak, Kota Bogor," kata Estiningsih seperti dilansir Antara, Rabu(1/1).

1. Longsor menimbun dua rumah warga di Kedung Badak, Bogor

Bencana tanah longsor yang terjadi Kampung Kedung Badak Sentral menimpa dua rumah warga di RT 01/RW 13 Kelurahan Kedung Badak, pada Rabu sekitar pukul 07:00 WIB. Bencana ini diduga akibat hujan yang turun terus-menerus mengguyur Kota Bogor dan sekitarnya, sejak Selasa (31/12) siang.

Dua rumah yang terkena longsor berada tepat di posisi bawah tebing longsoran tanah. Akibatnya, satu rumah milik Kusmiyati mengalami rusak berat dan bahkan pemiliknya meninggal karena tertimbun material longsoran.

"Tebing yang longsor dengan lebar sekitar 15 meter dan tinggi sekitar 10 meter, dengan material tanah merah," katanya.

2. Korban sudah dievakuasi

Tanah Longsor Timbun Rumah di Bogor, Satu Orang TewasDok Humas Polda Jabar

Kabid Humas Polda Jabar, Komisaris Besar S Erlangga mengatakan, bencana tanah longsor yang terjadi di Kedung Badak Central RT 1/13, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Rabu (1/1) mengakibatkan seorang warga meninggal dunia.

"Korban jiwa yang tertimbun longsor atas nama Uus Kuniawati (35), berhasil dievakuasi oleh petugas dan warga setempat dari timbunan longsor," ujar Erlangga dalam rilis yang diterima IDN Times, Rabu (1/1).

Korban atas nama Uus Kuniawati tersebut saat ini sudah dievakuasi dan langsung dibawa ke RS Islam oleh petugas gabungan.

"Dari keterangan pihak Kelurahan rumah tersebut yang terkena dampak longsor merupakan bangunan rumah tinggal atau Gubuk liar yang tidak berizin," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Pergantian Tahun, Kawasan Puncak Bogor Terapkan Car Free Night 

3. Longsor terjadi usai Bogor diguyur hujan deras

Tanah Longsor Timbun Rumah di Bogor, Satu Orang TewasDok Humas Polda Jabar

Kepala BPBD Kota Bogor, Juniarti Estininigsih mengatakan, kejadian longsor terjadi pada pukul 07.00 WIB. Selain memakan satu orang meninggal dunia, ada dua rumah yang ikut tertimbun tanah akibat longsor tersebut.

"Dari kejadian longsor tersebut ada satu orang meninggal dan ada rumah ikut tertimbun longsor," ujar Juniarti.

Baca Juga: Laporkan Banjir ke BNPB, Warga Bekasi hingga Bogor Minta Bantuan

4. Pemilik rumah yang terdampak diingatkan untuk mengungsi

Tanah Longsor Timbun Rumah di Bogor, Satu Orang TewasDok Humas Polda Jabar

Juniarti menambahkan, untuk korban yang meninggal sudah ditemukan dan dievakuasi, sedangkan warga yang rumahnnya turut menjadi terdampak, saat ini dibawa ke pengungsian yang aman di daerah tersebut.

"Kami mengimbau pemilik rumah yang turut terdampak telah diperintahkan untuk mengungsi sementara," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya