Tambah Lagi, 4 Pegawai Dinas Pendidikan Kota Bandung Positif Corona

Keempatnya masuk kategori orang tanpa gejala

Bandung, IDN Times - Setelah 12 pegawai Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) dinyatakan positif corona, kini ada sebanyak empat orang pegawai Dinas Pendidikan yang juga bernasib sama.

Hal tersebut diketahui setelah hasil swab test yang dilaksanakan pada 1 September lalu oleh Pemerintah Kota Bandung ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

1. Pegawai tersebut sudah diisolasi mandiri

Tambah Lagi, 4 Pegawai Dinas Pendidikan Kota Bandung Positif Coronaunsplash.com/Kristina Tripkovic

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mengatakan, dari empat orang itu, tiga orang di antaranya berdomisili di luar Kota Bandung. Sedangkan seorang ASN merupakan warga Kota Bandung. 

"Empat ASN tersebut telah mengisolasi secara mandiri, keempatnya dalam kondisi fit," ujar Hikmat berdasarkan rilis yang diterima IDN Times, Minggu (6/8/2020).

2. Pegawai diminta jalani WFH

Tambah Lagi, 4 Pegawai Dinas Pendidikan Kota Bandung Positif Coronasciencemag.org

Hikmat menuturkan, saat ini Disdik Kota Bandung tengah terus melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan penanganan. Ia juga sudah meminta para pegawainya untuk melaksanakan bekerja di rumah.

"Memanfaatkan kanal layanan daring. www.layanan.disdikkota.bandung.go.id sebagai platform untuk melakukan permohonan pelayanan, mulai dari pelayanan kepegawaian bagi PTK maupun bagi masyarakat yang mau mutasi siswa," tuturnya.

3. Kantor Disdik sempat ditutup

Tambah Lagi, 4 Pegawai Dinas Pendidikan Kota Bandung Positif CoronaIlustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

Selain itu, Sekertaris Disdik Kota Bandung, Cucu Saputra mengungkapkan, setelah muncul kabar positif tersebut, kantor Dinas Kesehatan Kota Bandung sempat ditutup sementara.

"Kantor ditutup sementara hanya untuk kepentingan penyemprotan disinfectant hanya sehari saja. Hari Senin tanggal tujuh sudah mulai  normal beroperasi kembali," kata dia.

4. Pemkot Bandung lakukan ribuan swab test pada pegawai OPD

Tambah Lagi, 4 Pegawai Dinas Pendidikan Kota Bandung Positif CoronaIlustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Sebelumnya, Kepala Dinsosnangkis Kota Bandung Tono Rusdiantono Hendroyono mengatakan, sampai saat ini Dinsosnangkis Kota Bandung belum akan menutup pelayanan masyarakat. Menurutnya, pelayanan akan tetap berjalan.

Ia menuturkan, Dinsosnangkis juga terus melakukan tracking pada orang yang sempat berkontak erat terhadap 12 pegawai tersebut. Sayangnya ia tidak menjelaskan secara rinci berapa jumlah yang kontak erat dan akan di swab test. Ia hanya menyebut pelacakan akan dilakukan.

"Tracing iya sedang dilakukan," ucapnya.

Selain itu, Sekertaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, saat ini Pemkot Bandung sedang melakukan swab test pada 3.000 Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah menyerahkan hasil dan ditemukan ada 12 pegawai Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) dinyatakan positif virus Corona.

Adapun OPD lainnya terdata ada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah melakukan uji usap kepada 40 orang pegawai dan dinyatakan negatif. Sedangkan pada Dinas Pangan dan Pertanian, 50 orang telah diuji usap negatif. Selain itu 50 orang di Satpol PP dan Disnaker pun sudah diuji usap dan dinyatakan negatif.

"Dinsos ada positif 12 orang, mau dites lagi. BPKA 50 orang negatif, dan BPPD 38 negatif," katanya.

Baca Juga: Kasusnya Terus Naik, Pemkot Klaim Ruang Isolasi di Bandung Masih Aman 

Baca Juga: Setelah Hiburan Malam, Pemkot Bandung akan Izinkan Tempat Bermain Anak

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya