Survei Chatra Politika: Ridwan Kamil Tempel Prabowo di Pilpres 2024

Elektabilitas Ridwan Kamil mencapai 20,9 persen

Bandung, IDN Times - Nama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mulai pepet Prabowo Subianto. Orang nomor satu di Jabar ini masuk di posisi kedua dalam survei Charta Politika Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Jawa Barat.

Yuniarto Wijaya, Direktur Charta Politika mengatakan, berdasarkan simulasi 10 nama calon Presiden, Prabowo Subianto menjadi pilihan tertinggi di Jabar dengan angka elektabilitas 24 persen.

"Selanjutnya ada Ridwan Kamil yang merupakan Gubernur Jawa Barat dengan elektabilitas 20,9 persen. Disusul dengan beberapa calon lainnya," ujar Yuniarto dalam keterangan resmi pada Kamis (17/3/2022).

1. Anis Baswedan masih kalah jauh dari Ridwan Kamil

Survei Chatra Politika: Ridwan Kamil Tempel Prabowo di Pilpres 2024IDN Times/Galih Persiana

Selain itu, ada beberapa nama lainnya juga yang masuk dalam survei. Yuniarto bilang, beberapa nama ini masih kalah jauh elektabilitasnya dengan Prabowo Subianto dan Ridwan Kamil. Dalam hal ini, warga Jabar cenderung hanya memilih dua orang ini.

"Sementara untuk calon lain seperti Anies Baswedan elektabilitasnya mencapai 18.0 persen dan Ganjar Pranowo 12.0 persen, di mana mereka berada di posisi ketiga dan keempat," katanya.

2. Survei menggunakan metode acak bertingkat

Survei Chatra Politika: Ridwan Kamil Tempel Prabowo di Pilpres 2024ANTARA/Chairul Rohman

Untuk diketahui, survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung menggunakan kuisioner terstruktur. Adapun metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei di Lampung melibatkan 800 responden dengan margin of error kurang lebih 3,46 persen. Di Jawa Barat melibatkan 1200 responden dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen. Terakhir, 1210 responden di Jawa Timur dengan margin of error kurang lebih 2,82 persen.

3. Ridwan Kamil menang telak di survei SMRC

Survei Chatra Politika: Ridwan Kamil Tempel Prabowo di Pilpres 2024IDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya, Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) juga menyatakan, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, berpeluang besar terpilih jadi Presiden Indonesia pada Pilpres 2024. Hal tersebut merupakan hasil survei telepon yang digelar pada 5 sampai 8 Februari 2022.

Survei dengan sampel 810 responden itu menyatakan, sebanyak 22,2 persen warga Jabar mendukung pria yang akrab disapa Kang Emil itu jadi presiden.

"Dalam simulasi empat nama calon, dukungan untuk Ridwan Kamil 22,2 persen, Prabowo Subianto 21,9 persen, Anies Baswedan 19,3 persen, Ganjar Pranowo 17,8 persen," ujar Manajer Program SMRC, Saidiman Ahmad, saat merilis hasil survei secara virtual, Selasa (15/2/2022).

4. Jika Emil tidak menyalonkan diri suara pindah ke calon lain

Survei Chatra Politika: Ridwan Kamil Tempel Prabowo di Pilpres 2024 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Saidiman menjelaskan, jika pemilihan presiden diadakan pada waktu survei, ada empat tokoh yang mendapat dukungan cukup seimbang. Mereka adalah Ridwan Kamil, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Temuan ini konsisten dalam berbagai simulasi (top of mind sampai simulasi pilihan tertutup).

“Jika Ridwan Kamil tidak ikut bersaing, suaranya tersebar cukup merata kepada ketiga calon lainnya. Dalam simulasi tiga nama tanpa Ridwan Kamil, Prabowo mendapat dukungan 28,7 persen, Anies Baswedan 27 persen, dan Ganjar Pranowo 25,1 persen,” ujar Saidiman.

Baca Juga: Ganjar Unggul Telak dari Anies dan Prabowo di Survei Capres 2024 SMRC

Baca Juga: Survei SMRC: Prabowo Tertinggi jika Jadi Capres, Dikuntit AHY dan Mega

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya