Sumedang Diguncang Gempa Magnitudo 4,5, Terasa Hingga Bandung

Gempa terjadi di darat bukan dari laut

Bandung, IDN Times - Kabupaten Sumedang kembali diguncang gempa bumi magnitudo 4,5 pada Senin (1/1/2023) malam. Gempa ini pun terasa hingga Kota Bandung dan sekitarnya.

Berdasarkan informasi dari BMKG, lokasi gempa berada di 6.82 Lintang Selatan- 107.92 Bujur Timur atau empat kilometer utara Kabupaten Sumedang, dengan kedalaman 10 Kilometer. Gempa ini tergolong besar, hingga turut dirasakan warga Kota Bandung.

Salah satu warga Kota Bandung, Muhamad Fitra mengatakan jika gempa turut dirasakan di wilayah Ciwastra. Ia memastikan getaran cukup besar hingga membuat ketakutan hingga harus keluar rumah.

"Saya mendadak keluar rumah karena merasakan gempa cukup besar. Jadi panik ke luar rumah," ujar Fitra, pada IDN Times.

Selain itu, warga Kiaracondong Kota Bandung, Nanda, juga merasakan getaran dari gempa magnitudo 4.5 ini. Dia memastikan, getaran cukup terasa sama seperti peristiwa gempa sebelumnya.

"Ini cukup terasa sama seperti sebelumnya. Ini terasa banget. Saya sempat mitigasi menunduk di bawah meja makan," kata dia.

Sebelumnya pada Minggu (31/12/2023) gempa bumi di Kabupaten Sumedang terjadi beruntun selama lima kali. Adapun magnitudo terbesar mencapai 4,8. Pejabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman menetapkan Sumedang dalam keadaan tanggap darurat bencana.

"Hari ini kami sudah menetapkan Sumedang dalam keadaan tanggap darurat bencana, ini agar memudahkan dalam penanganan dan dukungan anggaran untuk membantu warga yang terkena bencana," ujar Herman, Senin (1/1/2024).

Baca Juga: 1.155 Peristiwa Gempa Bumi Terjadi di Jabar Sepanjang 2023

Baca Juga: 2.202 Gempa Bumi Terjadi di Jogja Selama Tahun 2023

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya