Sudah Minta Izin, Salon Kecantikan di Mal Bandung Belum Boleh Buka

Izin beroperasi sudah diajukan sejak beberapa bulan lalu

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung belum kunjung menginkan salon kecantikan yang berada di pusat perbelanjaan modern beroperasi selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang diperketat.

Padahal, sejumlah pengelola salon kecantikan mal sudah mengajukan izin operasi sejak beberapa waktu lalu. Pemerintah Kota Bandung juga telah melakukan simulasi di beberapa tempat pusat kecantikan mal.

1. Pusat kecantikan di mal masuk kewenangan Disdagin

Sudah Minta Izin, Salon Kecantikan di Mal Bandung Belum Boleh Bukamirror.co.uk

Kepala Disdagin Kota Bandung Elly Wasliyah mengatakan, kewenangan izin operasional pusat kecantikan yang berada di mal memang menjadi kewenangannya. Adapun untuk salon di luar mal masuk pada kewenangan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung.

"Jadi udah disimulasi oleh pak wali, pak wakil, tapi sampai sekarang belum keluar izinnya," ujar Elly saat dihubungi, Minggu (11/10/2020).

2. Simulasi sudah dilakukan oleh Wakil Wali Kota Bandung

Sudah Minta Izin, Salon Kecantikan di Mal Bandung Belum Boleh BukaIDN Times/Humas Bandung

Ia menuturkan, sampai saat ini sudah banyak pengelola pusat kecantikan di mal yang mengajukan izin beroperasi selama AKB yang diperketat. Namun, keputusan ini sepenuhnya akan ditangani oleh Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kota Bandung.

"Kalau di Kota Bandung itu kan sebelum dibuka harus simulasi, waktu mal juga kan simulasi. Ini kan pimpinan langsung, ini salon kecantikan sudah ada banyak yg mengajukan," ungkapnya.

3. Salon kecantikan di mal hanya diizinkan jual produk

Sudah Minta Izin, Salon Kecantikan di Mal Bandung Belum Boleh BukaBeauty enthusiast dan penggemar KPop di Kota Semarang belanja produk kecantikan dari Korea Selatan di gerai baru Nature Republic di Mal Ciputra Semarang. IDN Times/Anggun Puspitoningrum.

Meski sudah banyak yang mengajukan, Elly menegaskan, semua akan diputuskan oleh Wali Kota Bandung. Disdagin hanya mengizinkan seluruh pusat kecantikan buka hanya untuk menjual produk dan tidak melayani treatment atau perawatan.

"Banyak yang sudah mengajukan, tapi mohon maaf sampai hari ini belum keluar izinnya. Kalau untuk jual produknya saja saya izinkan, misalnya kayak Natasha, itu kan ada produknya. Kalau jual produknya saja boleh, yang tidak boleh itu perawatannya, begitu," tuturnya.

4. Masyarakat jangan sampai salah paham

Sudah Minta Izin, Salon Kecantikan di Mal Bandung Belum Boleh BukaPexels

Lebih lanjut, Elly mengatakan, masyarakat jangan sampai salah paham jika melihat salon kecantikan yang berada di mal buka untuk melayani treatment dan perawatan. Menurutnya, mereka hanya menjual produk saja.

"Kalau buka itu bukan berarti buka dengan perawatannya, enggak, yang buka itu hanya jual produknya saka gitu. kan kasihan mungkin ada member ibu-ibu yang suka berlangganan," katanya.

"Kalau yang di luar mal itu bukan tanggung jawab saya," tambahnya.

Baca Juga: Masuk Zona Oranye, Disbudpar Bandung Belum Izinkan Salon dan Spa Buka

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya