Soal Anggaran Sewa Helikopter Wagub Jabar, Pemprov Beralasan Begini

Helikopter sempat dipakai untuk meninjau banjir di Bogor

Bandung, IDN Times - Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah (Setda) Jawa Barat (Jabar) menanggapi soal anggaran Rp600 juta untuk penyewaan helikopter Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum.

Pjs Kabiro Administrasi Pimpinan Setda Jabar, Hermansyah mengatakan, anggaran itu benar adanya, namun tidak digunakan sepenuhnya untuk menyewakan helikopter.

"Jadi memang dipakai untuk kebutuhan mendesak, saat itu ke Bogor akses roda empat tertutup, karena aksesnya tertutup jadi ya memang lewat udara," ujar Hermansyah saat dihubungi, Senin (2/8/2021).

1. Anggaran terbongkar dari laman sirup.lkpp.go.id.

Soal Anggaran Sewa Helikopter Wagub Jabar, Pemprov Beralasan Begini

Anggaran ini terbongkar melalui laman sirup.lkpp.go.id. Pemprov Jabar mengalokasikan anggaran ini sudah sejak Februari-September 2021. Adapun pagu setiap bulannya Rp75 juta, jika ditotal Rp600 juta dalam 8 paket pengadaan.

"Kami memang penyediaan saja. Itu sebenarnya enggak dipakai, baru sekali. Saat bulan Februari saja, nanti siasanya kira-kira akan kita refocusing semuanya," ungkapnya.

2. Anggaran bulan ini akan direcofusing untuk pandemik COVID-19

Soal Anggaran Sewa Helikopter Wagub Jabar, Pemprov Beralasan BeginiIDN Times/Humas Jabar

Pemprov Jabar memastikan anggaran sewa helikopter itu tidak akan digunakan dalam bulan ini, Hermansyah bilang, recofusing anggaran merupakan perintah langsung dari Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

"Kita akan lakukan (recofusing) pada Agustus dan September ini, jadi untuk penanganan kesehatan COVID-19," ungkapannya.

3. Gubernur Jabar sudah menekankan anggaran direcofusing sejak Juli 2021

Soal Anggaran Sewa Helikopter Wagub Jabar, Pemprov Beralasan BeginiRidwan Kamil, Gubernur Jabar, (Humas/Pemprov Jabar)

Sebelumnya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil bilang, dalam penerapan PPKM darurat tidak hanya mengeluarkan aturan teknis semata. Menurutnya, harus ada alokasi anggaran lebih untuk masyarakat.

"Kami akan melakukan refocusing anggaran, kami lihat juga yang isoman butuh dukungan dari kita. Tidak hanya pasien covid yang di rumah sakit,"

"Saya sendiri sudah memberhentikan 11 proyek infrastruktur, akan kami geser untuk menyediakan kebutuhan masyarakat di Jabar," ujar Emil dalam konfrensi video, Kamis (1/7/2021).

Baca Juga: Data COVID-19 Daerah dan Provinsi Beda, Ini Penjelasan Ridwan Kamil

Baca Juga: Di Tengah COVID-19, Ada Anggaran Sewa Helikopter Khusus Wagub Jabar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya