Siaga I Corona, Polda Jabar: Awas Oknum Petugas Kesehatan Gadungan 

Masyarakat dihimbau lebih teliti dan jeli

Bandung, IDN Times - Di tengah status Jabar siaga I virus corona, Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) menghimbau masyarakat tidak tertipu dengan modus penyemprotan pemberantas Corona oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Masyarakat Jabar terutama harus waspada dan tidak tertipu oleh oknum yang mengatasnamakan petugas kesehatan untuk melakukan penyemprotan di rumahnya dengan dalih pemberantas corona," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Saptono Erlangga saat ditemui di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-hatta, Kamis (12/3).

1. Modus tersebut belum ditemukan di Jabar

Siaga I Corona, Polda Jabar: Awas Oknum Petugas Kesehatan Gadungan IDN Times/Azzis Zulkhairil

Erlangga mengatakan, meski belum ada modus tersebut ditemukan di wilayah hukum Polda Jabar, menurutnya, alangkah baiknya hal tersebut dijadikan sebagai antisipasi kepada masyarakat.

"Jangan sampai ada oknum memanfatkan momen atau kondisi siaga corona dengan modus-modus tersebut, di Jabar tidak ada. Kami hanya menyampaikan imbauan dan antisipasi kepada masyarakat," ungkapnya.

2. Masyarakat diminta periksa identitas petugas

Siaga I Corona, Polda Jabar: Awas Oknum Petugas Kesehatan Gadungan IDN Times/Bagus F

Erlangga menjelaskan, jika masyarakat menemukan oknum yang mengatasnamakan sebagai petugas dinas kesehatan dan menawarkan untuk melakukan penyemprotan zat pembasmi Corona. Sebaiknya lebih jeli dan teliti.

"Harus cek surat perintah dan identitas dari petugas, kalau lihat kejanggalan bisa lapor aparat terdeket termasuk RT/RW dan aparat tingkat setempat," jelasnya.

3. Jangan sampai oknum memanfatkan moment siaga Corona

Siaga I Corona, Polda Jabar: Awas Oknum Petugas Kesehatan Gadungan Ilustrasi virus corona. IDN Times/Sukma Shakti

Erlangga menekankan, ditengah keadan Jabar siaga I virus Corona, masyarakat tetap utamakan menjaga kesehatan dan tidak mudah percaya dengan oknum-oknum tidak bertanggung jawab, apalagi modus menawarkan penyemprotan pembasmi Corona.

"Harapan kami masyarakat tetap hati-hati dan waspada, pelaku kejahatan akan menggunakan peluang kesempatan yang ada untuk melakukan kejahatan," tuturnya.

4. Himbauan sudah tersebar ke Polres dan Polsek se-Jabar

Siaga I Corona, Polda Jabar: Awas Oknum Petugas Kesehatan Gadungan (Ilustrasi virus corona) IDN Times/Sukma Shakti

Erlangga menambahkan, saat ini Himbauan juga sudah diberikan kepada seluruh jajaran Polda Jabar hingga polres dan Polsek. Selain itu, melalui poster yang disebabkan melalui media sosial juga telah dilakukan.

"Himbauan kita sudah sampai ke polres dan polsek, selain itu melalui media sosial kita juga sebarkan poster, semoga masyarakat tetap jeli," kata dia.

Baca Juga: Terlibat Narkoba dan Selingkuh, Polda Jabar Pecat 10 Anggotanya 

Baca Juga: Timbun Masker dan Hand Sanitizer, Siap-siap Ditangkap Polda Jabar!

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya