Comscore Tracker

Sepi Pengunjung karena COVID-19, Saung Angklung Udjo Terancam Bangkrut

Saung Angklung Udjo sudah banyak kehilangan pengunjung

Bandung, IDN Times - Setelah terdampak pandemik virus corona (COVID-19) selama hampir satu tahun penuh, lokasi pariwisata edukasi Kota Bandung, Saung Angklung Udjo terancam bangkrut.

Dirut Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat mengatakan, peristiwa pandemik yang tidak kunjung reda menjadi penyebab kunjungan sepi. Bahkan, menurutnya, kondisi ini merupakan paling terburuk sepanjang berdirinya pusat edukasi dan wisata angklung itu.

"Dari tahun kemarin hingga 2021 kami tidak bisa beraktivitas dengan normal bahkan sampai up-normal," ujar Taufik saat dikonfirmasi IDN Times, Jumat (22/1/2021).

1. Kunjungan perminggu kurang dari 20 orang

Sepi Pengunjung karena COVID-19, Saung Angklung Udjo Terancam BangkrutIlustrasi Pembuatan Alat Musik Tradisional asal Jawa Barat, Angklung (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Ia menuturkan, dalam kondisi normal sebelum pandemik COVID-19 Saung Angklung Udjo biasa dikunjungi oleh 2.000 orang dalam satu hari. Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi pandemik berlangsung pada Maret 2020.

"Perbandingan pengunjung sangat jauh, sekarang 20 orang perminggu saja sulit. Bahkan tamunya pernah ibu bapak dan anak kecil tiga orang kemudian pemain 30 orang," ungkapnya.

2. Wisatawan mancanegara dan pelajar tak berkunjung selama pandemik

Sepi Pengunjung karena COVID-19, Saung Angklung Udjo Terancam BangkrutIlustrasi Pembuatan Alat Musik Tradisional asal Jawa Barat, Angklung (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Taufik mengakui, ketatnya syarat yang harus dibawa oleh wisatawan membuat mereka ogah datang ke Saung Angklung Udjo. Selain itu, masa pandemik membuat hampir seluruh sekolah memakai skema WFH.

"Karakter pengunjung kita 90 persen anak pelajar yang rombongan bus dan orang bule. Ini mancanegara dan anak sekolah kan berhenti nih," jelasnya.

3. Berharap pemerintah memberikan bantuan

Sepi Pengunjung karena COVID-19, Saung Angklung Udjo Terancam Bangkrutinstagram.com/angklungudjo

Saat ini manajemennya tengah mempertimbangkan solusi konkret untuk Saung Angklung Udjo bertahan selama pandemik COVID-19. Salah satunya ialah bantuan pemerintah untuk membuat kondisi keuangannya kembali bangkit.

"Harapan pada masyarakat mari kita sadar menjaga protokol kesehatan agar pemerintah tidak sulit mengendalikan. Kalau sudah mengerti kan kita bisa berjalan dan sesuai standar yang bisa disepakati bersama," kata dia.

Baca Juga: 133 Grup Angklung TK dan SMA se-Jabar Meriahkan Angklung Day 2019

Baca Juga: 10 Video Perform Manshur Praditya, Kolaborasi Musik Modern & Angklung

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya