Sepekan Belum Ditemukan, Ridwan Kamil Cari Eril Tiap Hari Hingga Malam

Kabar disampaikan oleh kerabat melalui rekaman suara

Bandung, IDN Times - Pencarian Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril sudah memasuki satu pekan. Putra Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau Emil itu masih belum ditemukan sejak hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022).

Selama pencarian itu, Emil ditemani oleh istrinya Atalia Praratya Kamil beserta keluarga dan kerabat-kerabatnya. Baru-baru ini, seorang kerabat menyampaikan kabar kondisi keduanya selama pencarian melalui sebuah rekaman suara perempuan berduasi 04.38 menit dan tersebar di media sosial.

1. Atalia Kamil tawakal dan berserah dengan ikhtiar

Sepekan Belum Ditemukan, Ridwan Kamil Cari Eril Tiap Hari Hingga MalamGoogle

Dalam rekaman itu, dia menceritakan bahwa Ridwan Kamil dan Atalia turut menyusuri Sungai Aare hingga malam hari untuk mencari keberadaan Eril. Hal itu dilakukan sejak Eril dinyatakan hilang.

"MashaAllah saya menyaksikan figur pasangan suami istri yang saling menguatkan di situasi yang luar biasa berat. Sejak awal kondisi terjadi, saya melihat seorang ibu yang sangat tawakal dan berserah dengan ikhtiar yang luar biasa secara fisik, mental, dan doa karena saya membersamai juga. Beliau terus menyusuri sungai seharian sampai malam gelap," ujar kerabat keluarga Kang Emil itu, dikutip pada Kamis (2/6/2022).

2. Keduanya sangat kompak membantu pencarian Eril

Sepekan Belum Ditemukan, Ridwan Kamil Cari Eril Tiap Hari Hingga MalamInstagram.com/arkanaidan

Selain itu, dia menjelaskan bahwa di saat banyak pihak melemparkan sentimen negatif atas kejadian itu, keduanya tetap kompak. Pencarian Eril juga terus dilakukan oleh keduanya hingga hari berikutnya.

"Orang banyak mempertanyakan, banyak memberikan pernyataan, bahkan yang lebih buruk banyak juga yang menjadi kejadian saling menyalahkan. Tapi MasyaAllah mereka berdua luar biasa kompak. Untuk itu saya juga melihat ke-tawakal-an ini menjadi inspirasi buat kami yang mendampingi," tuturnya.

3. Kang Emil dan keluarga sempat berpelukan dan saling menguatkan

Sepekan Belum Ditemukan, Ridwan Kamil Cari Eril Tiap Hari Hingga MalamSumber Gambar: instagram.com/camillia_azzahra

Kemudian, beberapa hari usai pencarian, orang nomor satu di Jabar itu mengumpulkan semua keluarga yang ada di lokasi, kerabat, dan KBRI Swiss untuk menyampaikan semua isi perasaan, dan harapannya. Kata dia, pada momentum ini istri dan anak perempuannya turut berpelukan.

"Pada momen itu sungguh menunjukkan ketangguhan dan kekuatan mereka bersama. Keikhlasan dan ketawakalan yang dilaksanakan hari ini membuat kami yang ada di sini juga optimistis dan juga berbaik sangka terhadap takdir Allah," katanya.

4. Keluarga besar benarkan rekaman suara itu dari kerabat

Sepekan Belum Ditemukan, Ridwan Kamil Cari Eril Tiap Hari Hingga MalamAdik kandung Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman di Gedung Sate, Senin (30/5/2022).

Saat dikonfirmasi, Erwin Muniruzaman, kakak kandung Ridwan Kamil membenarkan jika rekaman suara itu berasal dari salah seorang kerabat yang ikut dalam rombongan keluarga di Swiss.

Pria yang akrab dengan panggilan Erwin ini menjelaskan bahwa rekaman itu sebetulnya diperuntukan untuk menjawab keresahan keluarga. Dan diperdengarkan hanya untuk keluarga.

"Voice note itu sebenarnya dari kerabat yang memang membersamai perjalanan Teh Lia. Jadi isinya memang benar, kita minta sama kerabat untuk menyampaikan kondisi Kang Emil sama Teh Lia itu seperti apa. Keluarga khawatir, jadi kita sempat minta penjelasan tentang kondisi agar bisa didengar oleh seluruh kerabat," kata Erwin.

Baca Juga: Kemlu Swiss Temui Ridwan Kamil, Dukung Penuh Pencarian Eril 

Baca Juga: Pencarian Hari ke 6, Ustad Adi Hidayat: Takdir Terbaik untuk Eril

Baca Juga: Berharap Eril Segera Ditemukan, Kekasih Unggah Momen Saling Menguatkan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya