Sembuh dari COVID-19, Wawalkot: Jangan Ada Stigma Negatif untuk Korban

Masyarakat harusnya berikan dukungan moril pada penderita

Bandung, IDN Times - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menginginkan masyarakat jangan membuat stigma buruk kepada penderita positif virus corona atau COVID-19. Ia meminta, masyarakat harus memberikan dukungan moril kepada penderita COVID-19.

"Perjuangan ini cukup berat. Justru, mereka yang terkena COVID-19 harus mendapat banyak dukungan dari orang-orang sekitar," ujar Yana berdasarkan keterangan resminya, Kamis (16/4).

1. Warga diminta perhatian tetangganya yang sedang melakukan isolasi pribadi

Sembuh dari COVID-19, Wawalkot: Jangan Ada Stigma Negatif untuk KorbanInstagram.com/@kangyanamulyana

Yana menjelaskan, belajar dari pengalaman pribadinya melawan COVID-19 memang memerlukan suntikan motivasi, doa, dan energi positif dari keluarga terdekat dan teman sejawat. Ia juga menyebut masyarakat ada baiknya membantu masyarakat yang tengah melakukan isolasi di rumah pribadi.

"Sebaiknya kita dukung kebutuhan mereka sehari-hari selama minimal 14 hari. Dia kan nggak bisa ke pasar atau ke warung karena di luar akan bertemu dengan orang lain dan berpotensi menularkan. Maka tetangganya harus membantu," tuturnya.

2. Penyakit COVID-19 bukan aib yang harus ditutupi

Sembuh dari COVID-19, Wawalkot: Jangan Ada Stigma Negatif untuk Korban(Tangkap Layar) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ia meminta tidak ada lagi orang-orang yang memandang negatif penderita COVID-19. Sebagaimana istilah lama, jauhi penyakitnya, bukan orangnya. Menurutnya, penyakit ini bukan aib dan bisa menyerang siapa saja. Sehingga, jangan ada lagi stigma dan seolah-olah yang kena ini menjadi aib.

"Orang terpapar COVID-19 justru harus kita dorong, kalau nggak ada gejala harus diam di rumah, karena kalau diam di rumah, imun baik, semoga selama masa 14 hari inkubasi virusnya dia akan sembuh," katanya.

3. Masyarakat perlu tahu demi antisipasi diri

Sembuh dari COVID-19, Wawalkot: Jangan Ada Stigma Negatif untuk Korban(Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Yana menceritakan, sewaktu Ia dinyatakan positif, Ia juga tetap harus memberi tahu ke masyarakat. Hal tersebut dilakukannya demi memberikan kesiagaan kepada masyarakat yang telah melakukan interaksi dengannya.

"Saya berinteraksi dengan banyak orang. Saya umumkan agar mereka mewaspadai dan mereka juga antisipasi. Alhamdulillah ternyata tidak ada yang positif di lingkaran saya," jelasnya.

4. Virus corona tidak bisa dianggap sepele oleh masyarakat Kota Bandung

Sembuh dari COVID-19, Wawalkot: Jangan Ada Stigma Negatif untuk KorbanGoogle

Ia pun berpesan kepada seluruh masyarakat agar tidak menyepelekan virus ini. Hidup sehat dengan gizi seimbang, sering mencuci tangan, memakai masker ketika terpaksa keluar rumah, dan menjaga jarak dengan orang lain adalah kunci pertahanan terbaik melawan virus ini.

"Tolong patuhi aturan pemerintah. Jangan sampai penyebaran virus ini terus berlangsung. Kita setop pandemi ini dengan langkah-langkah yang tepat berdasarkan ilmu pengetahuan," kata dia.

Baca Juga: Cemari Sungai Cinambo, Satgas Citarum Tegur Keras PT Pertamina

Baca Juga: Diberi Sanksi karena Cemari Sungai Cinambo, Pertamina: Kami Minta Maaf

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya