Satu Warga Sekitar Secapa AD Positif COVID-19

Pemkot Bandung perpanjang PSBM di sekitar Secapa AD

Bandung, IDN Times - Sebanyak ratusan warga di sekitar Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) telah dilakukan rapid test. Ada sembilan orang dinyatakan reaktif dan satu diantaranya dinyatakan positif berdasarkan swab test.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita saat ditemui awak media Balai Benih Ikan, Kota Bandung, Selasa (28/7/2020).

1. Dinkes Bandung sudah rapid test ratusan warga sekitar klaster Secapa AD

Satu Warga Sekitar Secapa AD Positif COVID-19Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Rita mengatakan, Dinkes Kota Bandung telah melakukan rapid test dan swab test pada warga sekitar Secapa AD sejak beberapa hari lalu. Ratusan warga yang sebelumnya menjalani rapid test juga telah melakukan swab test.

"639 (warga) dapat segitu dari pendataan di tes (rapid tes), ada 9 reaktif dari 9 reaktif, satu yang positif," ujar Rita.

2. Keluarga warga tersebut sudah ikuti rapid test

Satu Warga Sekitar Secapa AD Positif COVID-19Ilustrasi corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Rita menuturkan, satu orang yang dinyantakan positif tersebut berdasarkan hasil swab test, warga tersebut berada di Kelurahan Hegarmanah. Warga tersebut merupakan kategori orang tanpa gejala (OTG) dan kini sudah menjalani isolasi mandiri.

"Setelah diketahui positif, tes juga dilakukan ke keluarga. Pendataan segitu belum ada rencana lagi ke depannya nanti," ungkapnya.

3. Pemkot Bandung perpanjang PSBM di wilayah Secapa AD

Satu Warga Sekitar Secapa AD Positif COVID-19IDN Times/Humas Bandung

Selain itu, Rita menambahkan, Pemkot Bandung hingga saat ini sudah melakukan rapid test hampir satu persen penduduk Kota Bandung. Ia juga belum bisa memastikan bahwa di wilayah Kecamatan Cidadap yang menjadi klaster Secapa AD tersebut aman atau belum.

"Masyarakat harus waspada dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Total rapid tes yang telah dilakukan mencapai 31 ribu lebih atau lebih dari 1 persen dari total masyarakat Kota Bandung," tuturnya.

Seperti diketahui, Wali Kota Bandung, Oded M Danial telah memperpajang masa AKB pada beberapa hari lalu. Adapun untuk wilayah Cidadap kini masih diminta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM).

Baca Juga: 945 Siswa Secapa AD Sembuh dari COVID-19, 363 Lainnya Jalani Karantina

Baca Juga: Dinkes Kota Bandung: Relawan Vaksin COVID-19 Sudah Ada Yang Daftar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya