Satu Orang Positif, PD Pasar Tutup Aktivitas Pasar Baru Selama 4 Hari

Pedagang diminta tidak melakukan aktivitas terlebih dahulu

Bandung, IDN Times - Kasus seorang pedagang Pasar Baru di Jalan Otista, Kota Bandung yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona membuat aktivitas di pasar tersebut ditutup sementara selama empat hari kedepan.

Humas Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat Kota Bandung Iqbal Nurhakim mengatakan, penutupan sementara Pasar Baru ini untuk dilakukan proses disinfektan di lokasi toko dan Pasar Baru.

Dia berharap, selama penutupan, para pedagang tidak melakukan aktivitas di lokasi yang tertutup tersebut.

"Penutupan akan dilakukan sudah di mulai Senin (30/8/2020) hingga Kamis(3/9/2020). Pedagang juga diminta tidak melakukan aktivitas di pasar terlebih dahulu selama empat hari tersebut," kata dia.

1. Pedagang positif bukan dari pasar

Satu Orang Positif, PD Pasar Tutup Aktivitas Pasar Baru Selama 4 HariPengunjung melintasi salah satu toko di Pasar Baru, Jakarta, Senin (8/6/2020). Meski masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, pusat perbelanjaan tersebut mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan menjelang pelaksanaan normal baru (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Iqbal mengatakan, satu orang tersebut diketahui positif setelah pemeriksaan pribadi, mengingat yang bersangkutan sempat mengalami sakit terlebih dahulu.

"Pedagang yang dinyatakan positif tersebut diketahui setelah menjalani pemeriksaan pribadi di salah satu tepat kesehatan. Yang bersangkutan memang mengalami sakit," ujar Iqbal saat dihubungi, Selasa (1/9/2020).

2. Kasus diserahkan pada dinas kesehatan

Satu Orang Positif, PD Pasar Tutup Aktivitas Pasar Baru Selama 4 HariIDN Times/Humas Bandung

Atas kejadian tersebut, PD Pasar juga sudah melakukan sosialisasi bersama puskesmas dan instansi terkait lainnya di Pasar Baru. Adapun untuk kasus tersebut PD Pasar menyerahkan semunya ke Dinas Kesehatan Kota Bandung.

"Untuk kasus sudah diserahkan pada Dinas Kesehatan Kota Bandung, saat ini kita lebih ke memaksimalkan kembali protokol kesehatan COVID-19," ungkapnya.

3. Masyarakat jangan takut datang ke Pasar Baru

Satu Orang Positif, PD Pasar Tutup Aktivitas Pasar Baru Selama 4 HariIlustrasi Berbelanja (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Selain itu, Ia meminta, masyarakat jangan takut untuk datang dan berbelanja pasca adanya kasus tersebut. Menurutnya, saat ini PD. Pasar Bermartabat terus memaksimalkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Masyarakat jangan takut untuk datang dan belanja di PD. Pasar Bermartabat Kota Bandung. Protokol kesehatan akan tetap dijalankan maksimal," kata dia.

4. Tracing sudah dilakukan Pemkot Bandung

Satu Orang Positif, PD Pasar Tutup Aktivitas Pasar Baru Selama 4 HariIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita mengatakan, kabar yang beredar soal seorang pedagang terkonfirmasi positif benar adanya. Pemerintah juga sudah melakukan tracing.

"Saya hanya dapat info bahwa ada satu pedagang yang positif hanya itu, kalau mau lengkap coba tanya ke PD pasar, sudah di tindak oleh Puskesmas," katanya.

Ketua Himpunan Pedagang Pasar Baru (HP2B) Iwan Suhermawan menambahkan, upaya preventif yang sudah dilakukan yakini menutup sementara toko pasien dan 74 jongko lainnya di dasar 1 blok S.

"Hal tersebut dilakukan untuk melakukan langkah preventif dengan sterilisasi disinfektan selama empat hari berturut-turut, mulai hari ini dilakukan penutupan (lantai dasar 1 blok S) selama empat ke depan," kata dia.

Baca Juga: Pedagang Positif Corona, Tiga Pasar di Bandung Baru Ditutup Hari Ini

Baca Juga: [BREAKING] Pulang dari Pangandaran, Pedagang Pasar Baru Positif COVID-19 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya