Sapi Limousin Sumbangan Jokowi untuk Warga Jabar Baru Disembelih Besok

Pemotongan dilakukan di RPH, tidak di Majid Raya Bandung

Bandung, IDN Times - Sapi limousin seberat 1.147 kilogram milik presiden Joko "Jokowi" Widodo yang disumbangkan ke Masjid Raya Bandung untuk perayaan hari raya Iduladha belum bisa disembelih hari ini.

Sapi sumbangan orang nomor satu di Republik Indonesia itu baru akan disembelih di rumah potong hewan (RPH) Cirangrang, Kopo, Kota Bandung, pada Sabtu (1/8/2020).

1. Sapi sumbang Jokowi berjenis super limousin

Sapi Limousin Sumbangan Jokowi untuk Warga Jabar Baru Disembelih BesokSeekor sapi kurban sumbangan dari Presiden Joko Widodo dikirim ke Kepulauan Seribu, melalui Pelabuhan Kaliadem di Jakarta Utara, Rabu (29/7/2020) (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Juru bicara Masjid Raya Bandung, Iqbal mengatakan, sapi milik Presiden Jokowi tiba di Masjid Raya Bandung pada Kamis 30 Juli 2020. Adapun untuk serah terima dilakukan di RPH Cirangrang, Kota Bandung.

"Sapi dari presiden itu ada di Cirangrang dan jenisnya Super Limosin," ujar Iqbal, di Masjid Raya Bandung, Jumat (31/7/2020).

2. Sapi tersebut memiliki berat satu ton lebih

Sapi Limousin Sumbangan Jokowi untuk Warga Jabar Baru Disembelih BesokANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Selain sapi milik presiden, Iqbal mengatakan ada beberapa sapi kurban lain titipan milik Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial serta pejabat Polda Jabar dan pejabat instansi lain.

"Saat ini hewan kurban semuanya ada di tempat pemotongan hewan yang di Kopo, Cirangrang. Kita arahkan ke sana semua, yang jelas yang paling besar yang presiden, itu 1 ton lebih tuh," tuturnya.

3. Pengurus DKM Masjid Raya Bandung akan bagikan secara door to door

Sapi Limousin Sumbangan Jokowi untuk Warga Jabar Baru Disembelih BesokANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Terkait pembagian pada masyarakat yang membutuhkan atau mustahik, DKM Masjid Raya Bandung akan melakukan pendistribusian dengan sistem door to door. Artinya tidak ada pembagian menggunakan kupon seperti tahun lalu.

"Nantinya akan langsung diambil oleh 60 pengurus kemudian dibagikan di Jabar. Sistem pembagiannya beda dengan tahun lalu," ucapnya.

4. Disembelih besok di salah satu RPH Kota Bandung

Sapi Limousin Sumbangan Jokowi untuk Warga Jabar Baru Disembelih BesokIDN Times/Handoko

Dihubungi terpisah, Ketua DKM Masjid Raya Bandung Muchtar Gandaatmaja menambahkan, sapi presiden Jokowi tidak bisa disembelih hari ini karena masalah waktu. Hal tersebut menurutnya tidak melanggar syariat Islam, yang mana kurban tetap sah untuk dilakukan.

Sayangnya, Muchtar tidak menyebutkan secara pasti penyembelihan sapi Jokowi dilakukan pada pukul berapa. Ia hanya menyebut bahwa penyembelihan akan dilakukan besok.

"Tidak masalah untuk disembelih besok, waktunya juga tepat, sapi presiden jadi besok disembelihnya," kata dia.

Baca Juga: Pertama Kalinya Jokowi Sumbang Sapi Kurban 946 Kg ke Pulau Tidung

Baca Juga: Deretan Sapi Kurban Jokowi di Berbagai Daerah, Penasaran Harganya?

Baca Juga: Jokowi Beli Sapi Kurban Berbobot 1 Ton di Tangerang 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya