Sandiaga Uno: Kota Cimahi Punya Potensi Ekraf yang Besar 

Sandiaga dorong kemajuan Ekraf Kota Cimahi

Bandung, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi Kota Cimahi, Kamis (4/4/2024).

Sandiaga berkunjung dalam kegiatan workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia.

Kota Cimahi merupakan lokasi ketiga dari rangkaian program KaTa Kreatif Indonesia tahun 2024. Adapun peserta yang hadir adalah para pelaku ekraf yang berdomisili di Kota Cimahi berjumlah 150 orang.

1. Potensi Ekraf Cimahi ada di sektor film dan animasi

Sandiaga Uno: Kota Cimahi Punya Potensi Ekraf yang Besar Sandiaga Uno saat kunjungan kerja ke Kota Jambi. Dok: Kemenparekraf

Dalam momentum itu, Sandi menyatakan, Kota Cimahi memiliki potensi yang besar dalam sektor ekonomi kreatif. Dia mendorong agar potensi itu terus digali oleh seluruh pemangku kebijakan yang ada di Kota Cimahi.

"Kota Cimahi memiliki potensi ekonomi kreatif yang besar, khususnya pada subsektor film, animasi, dan video yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf," ujar Sandiaga.

2. Kota Cimahi pernah dinobatkan sebagai KaTa Kreatif Indonesia

Sandiaga Uno: Kota Cimahi Punya Potensi Ekraf yang Besar Menparekraf, Sandiaga Uno saat kunjungan ke Singkawang. (IDN Times/Teri).

Melalui uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) pada 2018, kata Sandiaga, Pemkot Cimahi bersama seluruh aktor kreatif telah menyepakati subsektor film, animasi, dan video sebagai subsektor unggulan.

"Pada 2021, Kota Cimahi juga ditetapkan sebagai KaTa Kreatif Indonesia berkat konsistensi dan komitmen yang kuat dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkapnya.

3. Kegiatan workshop dihadirkan untuk perkuat ekosistem Ekraf Kota Cimahi

Sandiaga Uno: Kota Cimahi Punya Potensi Ekraf yang Besar Sandiaga Uno pada acara The Weekly Brief with Sandi Uno, Rabu (10/1/2024) (youtube.com/@Kemenparekraf)

Sandiaga menambahkan, kegiatan workshop ini merupakan bentuk aktivasi kegiatan dengan memfasilitasi para pelaku ekraf dan pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif.

"Sehingga memiliki nilai tambah dan memberikan penguatan branding dari produk-produknya," ujarnya.

Sandiaga memastikan, ia akan terus memberikan penguatan terhadap ekosistem ekonomi kreatif secara komprehensif di Kota Cimahi dan berkomitmen untuk mengembangkan simpul kabupaten/kota kreatif berdasarkan subsektor ekonomi kreatifnya.

Baca Juga: Kabupaten Subang Jadi Daerah dengan Inflasi Tertinggi di Jabar

Baca Juga: Anggota DPRD Jabar, Erni Sugiyanti Tewas Kecelakaan di Tol Cipali

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya