Comscore Tracker

Salat Tarawih Dipersilakan, tapi Buka Bersama Belum Boleh

Buka bersama berpotensi menyebarkan COVID-19

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengizinkan ibadah salat tarawih digelar di masjid pada ramadan 2021. Meski sudah diizinkan, pemprov minta protokol kesehatan ditaati dengan tertib oleh Dewan Kerukunan Masjid (DKM).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, umat muslim sudah dapat merayakan ibadah salat tarawih di masjid. Adapun pada tahun sebelumnya, masyarakat diminta salat tarawih di rumah.

"Beribadah ramadan diizinkan dan ini kapasitas harus 50 persen. Ini untuk mengurangi kepadatan sahur dan buka puasa, dan ingat tetap protokol kesehatan dilakukan meski tetap di rumah," ujar Emil, sapaan akrab Riwan Kamil, di Mapolda Jabar, Kamis (8/4/2021).

1. Buka bersama belum diizinkan di semua tempat

Salat Tarawih Dipersilakan, tapi Buka Bersama Belum BolehRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Meski ibadah salat tarawih diizinkan, kegiatan buka bersama di sejumlah tempat seperti cafe dan yang lainnya selama ibadah ramadan 2021 masih belum dibolehkan. Emil menilai, buka bersama berpotensi menyebarkan COVID-19.

"Pertama COVID-19 masih berhubungan dengan (menghindari) kerumunan. Kalau masjid penuh (untuk ibadah), sementara buka bersama itu baru kerumunan," katanya.

2. Tahun sebelumnya Pemprov Jabar juga melarang buka bersama

Salat Tarawih Dipersilakan, tapi Buka Bersama Belum BolehANTARA/Chairul Rohman

Aturan ini sama dengan tahun 2020, Sekretaris yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Daud Achmad mengatakan bahwa kegiatan buka bersama berpotensi membuat kerumunan.

"Jadi buka bersama dilarang karena cara ini akan mengumpulkan orang," ujar Daud, Selasa (21/4/2020).

3. Daerah di Jabar belum mengeluarkan aturan ramadan di tengah pandemik corona

Salat Tarawih Dipersilakan, tapi Buka Bersama Belum BolehIlustrasi Ramadhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Meski demikian, sejumlah daerah di Jabar masih belum mengeluarkan aturan resmi mengenai aturan apa saja yang perlu diterapkan selama Ibadah ramadan 2021. Seperti contoh, Pemerintah Kota Bandung yang sampai saat ini belum memutuskan aturan-aturan itu.

"Untuk aturan-aturan selama ramadan akan dibahas dalam rapat terbatas (ratas)," ujar Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, Kamis (8/4/2021).

Baca Juga: Ridwan Kamil Larang Keras ASN Mudik Idul Fitri 2021! 

Baca Juga: Masjid Desain Ridwan Kamil di Palestina Mulai Dibangun

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya