RSHS Masih Periksa Satu dari Tiga Orang Terduga Terpapar Corona

Dua orang dinyatakan negatif dan sudah dipulangkan

Bandung, IDN Times - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan, dua dari tiga orang pasien diduga terpapar virus Corona atau yang kini disebut COVID-19 telah dinyatakan negatif dan sudah dipulangkan.

Direktur Utama RSHS Bandung, dr Nina Susana Dewi mengatakan, tiga pasien yang baru-baru ini ditangani RSHS adalah, S, RG, dan AS. Nama kedua hingga berita ini diturunkan masih dalam pemeriksaan.

"Mudah-mudahan hari ini ada (hasilnya) dan semoga negatif," ujar Nina di RSHS Bandung, Jalan Pasteur, Senin (24/2).

Baca Juga: Bikin Gaduh, Majelis Adat Samakan Ridwan Saidi dengan Sunda Empire

1. S diketahui telah melakukan perjalanan ke Australia

RSHS Masih Periksa Satu dari Tiga Orang Terduga Terpapar CoronaIlustrasi Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Nina menjelaskan, pemulangan dilakukan secara berurutan, pasien yang pertama berinisial S memang tinggal di Perth, Australia. Dalam masa inkubasinya, Ia mengatakan, pasien tersebut mengalami flu dan sesak napas.

"S sempat dirawat di RS swasta di Bandung, kemudian dikirim ke RSHS, dan dirawat. Tetapi pasien yang pertama ini sudah negatif dan sudah pulang," ungkapnya.

2. Pasien AS juga sempat pergi ke Singapura, Thailand dan Malaysia

RSHS Masih Periksa Satu dari Tiga Orang Terduga Terpapar CoronaIlustrasi Virus (IDN Times/Arief Rahmat)

Nina menambahkan, pasien perempuan berinisial AS, yang diketahui warga Kabupaten Bandung juga sudah dipulangkan. Menurutnya, AS sempat jalani masa inkubasi dan kini dinyatakan negatif Corona.

"AS itu wanita dari daerah Jawa Barat, dia juga dalam masa inkubasi, riwayat dia pergi ke Malaysia, Singapura, Thailand dalam satu pekan, saat ini sudah negatif," katanya.

3. RG juga memiliki riwayat perjalanan ke Vietnam dan Thailand

RSHS Masih Periksa Satu dari Tiga Orang Terduga Terpapar CoronaIDN Times/Azzis Zulkhairil

Kemudian untuk RG, menurutnya, pasien tersebut memiliki riwayat bepergian ke Vietnam dan Thailand. Pada saat masa inkubasi, ia mengatakan, pasien mengalami panas tinggi, flu, infeksi paru paru sehingga saat ini masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Untuk pasien yang kedua ini masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium karena belum bisa dinyatakan negatif," jelasnya.

Baca Juga: RSHS Kembali Tangani Warga Bandung yang Diduga Terpapar Virus Corona

4. Selalu periksa setelah melakukan perjalanan luar negeri

RSHS Masih Periksa Satu dari Tiga Orang Terduga Terpapar CoronaIDN Times/Azzis Zulkhairil

Nina mengimbau, masyarakat yang telah melakukan bepergian keluar negeri dan setelah 14 hari kemudian mengalami sesak napas disertai demam tinggi agar segera ke rumah sakit.

"Tapi kalau tidak ada sesak, hanya batuk, panas, kemudian pernah keluar, itu kami nyatakan adalah orang dalam pemantauan," tambahnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya