RM Ampera Bandung Hangus Terbakar, Polisi Turun Tangan Cari Sumber Api

Polisi belum bisa pastikan sebab terjadinya peristiwa ini

Bandung, IDN Times - Rumah Makan (RM) Ampera di Jalan Soekarno Hattta, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, dilahap si jago merah. Api berkobar memberanguskan seluruh bangunan rumah makan padang itu.

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung M. Yusuf Hidayat mengatakan, bangunan terbakar hampir seluruhnya. Hal ini karena material bangunan mudah terbakar.

"Iya, material mudah terbakar, RM Ampera ini bahannya kayu dan kecepatan api dan angin memicu perjalanan api. Seperti yang dilihat, ini habis terbakar," kata Yusuf ditemui di lokasi, Kamis (12/1/2023).

1. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini

RM Ampera Bandung Hangus Terbakar, Polisi Turun Tangan Cari Sumber ApiRumah Makan (RM) Ampera di Jalan Soekarno Hattta, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, dilahap si jago merah (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Diskar PB memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, sejumlah pengunjung yang sempat ada di lokasi panik saat peristiwa kebakaran terjadi. Adapun peristiwa kebakaran terjadi pada pukul 12.30 WIB.

"Ada yang lagi makan, karena kayaknga tadi pas jam makan siang. Tetapi saat petugas datang, kendaraan sudah kosong, mudah-mudahan tidak ada korban," katanya.

Petugas Diskar PB juga bisa langsung memadamkan api dengan bantuan petugas dan mobil pemadam. "Api sudah berhasil dikuasai dalam waktu 15 menit," kata dia.

2. Polisi masih melakukan olah TKP

RM Ampera Bandung Hangus Terbakar, Polisi Turun Tangan Cari Sumber ApiIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Terpisah, Kapolsek Rancasari, Oesman Imam mengatakan, penyebab pasti peristiwa ini masih belum diketahui. Sebab, dirinya akan mengumpulkan informasi lebih menyeluruh mengenai kasus ini.

"Belum olah TKP buat penyebab kebakaran atau dugaan sementara. Inafis olah TKP dan kemudian konfirmasi ke manajemen untuk tahu pertama kali terjadinya kebakaran," ujar Oesman.

3. Polisi dapat informasi pada pukul 12:30 WIB

RM Ampera Bandung Hangus Terbakar, Polisi Turun Tangan Cari Sumber ApiIlustrasi api, Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Oesman menambahkan, petugas kepolisian sebelumnya mendapatkan informasi soal kebakaran RM Ampera sekitar pukul 12.30 WIB. Ketika petugas datang ke lokasi, api sudah membesar dan membakar hampir seluruh bangunan rumah makan.

"Laporan saya mengetahui sekitar jam setengah satu, api sudah dalam keadaan tinggi dan besar. Dugaan kami baru rumah makan (objek yang terbakar)," kata dia.

Baca Juga: Kebakaran Kantor Bappelitbang Bandung, Forensik Polri Ikut Olah TKP

Baca Juga: Kebakaran Sering Terjadi, Kota Bandung Malah Minim Hydrant

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya