Comscore Tracker

Ridwan Kamil Usul Jalan Tol Cisumdawu Ganti Nama Jadi Ali Sadikin 

Ali Sadikin merupakan tokoh Jabar berasal dari Sumedang

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mengusulkan nama Ali Sadikin untuk disematkan pada Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Pergantian nama itu dikatanya merupakan usulan masyarakat Jabar.

Ali Sadikin sendiri merupakan tokoh Sunda yang pernah menjadi Gubernur DKI Jakarta. Ia lahir di Sumedang, pada 17 Juli 1927.

"Ada aspirasi jika memang tidak ada halangan bisa dipertimbangkan diberi nama, menjadi Jalan Ali Sadikin sebagai apresiasi dari masyarakat Priangan di sini kepada tokoh-tokoh Jabar yang dianggap luar biasa," ujar Emil, melalui keterangan resmi, Senin (24/1/2022).

1. Selain Ali Sadikin ada juga usulan Bandara Kertajati ganti nama jadi Bandara BJ Habibie

Ridwan Kamil Usul Jalan Tol Cisumdawu Ganti Nama Jadi Ali Sadikin Dok.IDN Times/Hardiansyah

Selain mengusulkan pergantian nama Cisumdawu ke Ali Sadikin, Emil bilang, usulan nama tokoh untuk pembangunan infrastruktur besar di Jabar seperti Bandara Kertajati yang diubah menjadi BJ Habibie juga sudah diusulkan.

Namun, menurut Emil, usulan ini masih belum optimal dan masih dalam tahap diskusi. Adapun ia mengklaim semua usulan ini merupakan aspirasi dari masyarakat.

2. Pertengahan bulan Tol Cisumdawu berpotensi beroperasi

Ridwan Kamil Usul Jalan Tol Cisumdawu Ganti Nama Jadi Ali Sadikin id.wikipedia.org

Proses aktivasi Cisumdawu sendiri sudah dimulai dengan pengoperasian tol Cisumdawu seksi I Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 kilometer. Emil mengatakan, pertengahan tahun tol ini berpotensi bisa beroperasi secara maksimal.

"Kalau tidak ada halangan di bulan Juni 2022 bisa selesai, sehingga dari Cileunyi ini bisa terus ke Bandara Kertajati yang kita banggakan," katanya.

3. Sebelumnya Ridwan Kamil cek langsung proses pembangunan Tol Cisumdawu

Ridwan Kamil Usul Jalan Tol Cisumdawu Ganti Nama Jadi Ali Sadikin ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/kye

Sebelumnya, Emil sudah meninjau langsung proses pengerjaan Tol Cisumdawu bersama kontraktor dan pejabat Kabupaten Sumedang pada Senin (10/1/2022). Setelah tinjauan itu, Emil mengatakan bahwa pembangunan terus berjalan dengan maksimal.

"Kalau dari laporan kontraktor, semua bisa dioptimalkan pada bulan Juni 2022. Kita berharap keamanan terjamin, sehingga tahun ini sudah tembus BIJB Kertajati," ujar Emil.

Hangga saat ini ada beberapa kendala yang masih dihadapi dalam proses pengerjaan Tol Cisumdawu. Misalnya, Emil mengatakan, ada beberapa berkas longsoran yang harus dibersihkan.

"Sisa-sisa longsoran sedang ditangani, kemudian ada sedikit pembebasan lahan yang harus dilakukan, tapi sifatnya perluasan wilayah biasa," ungkapnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Targetkan Tol Cisumdawu Tembus BIJB Tahun Ini

Baca Juga: 4 Seksi Tol Cisumdawu Ditargetkan Beroperasi Desember 2021

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya