Ridwan Kamil Segera Lockdown Kota Bandung, Karawang, dan Depok

Saat ini masih dikoordinasikan dengan BNPB

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana akan memberlakukan karantina wilayah atau lockdown untuk sejumlah daerah yang sudah masuk zona merah virus corona (COVID-19).

"Opsi lockdown atau karantina wilayah khususnya untuk zona merah ini sedang kita bahas, besok akan dirampungkan," kata Kang Emil sapaan Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung, Minggu (29/3).

1. Kang Emil laporkan kesiapan lockdown di beberapa wilayah kepada BPNPB

Ridwan Kamil Segera Lockdown Kota Bandung, Karawang, dan DepokDok. Humas Jabar

Kang Emil mengatakan, meski opsi karantina wilayah akan dipakai, Pemprov Jabar tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini BPNPB untuk melaporkan setiap perkembangan dan kesiapan lockdown di wilayah zona merah.

"Tapi apa pun itu saya selalu koordinasi dengan pak Doni Monardo (kepala Gugus Tugas Penanganan COVID-19) untuk meminta izin. Jadi, tidak boleh ada daerah yang melalukan lockdown tanpa izin pemerintah pusat," ungkapnya.

2. Masyarakat diimbau tidak pulang kampung

Ridwan Kamil Segera Lockdown Kota Bandung, Karawang, dan DepokIDN Times/Debbie Sutrisno

Kang Emil juga mengimbau masyarakat Jabar yang sedang merantau untuk tidak pulang kampung atau mudik lebih dulu. Sebab, ia mengatakan, orang yang mudik dari wilayah terpapar dapat membuat penyebaran COVID-19 semakin luas.

"Kalau ditambah lagi dengan warga mudik yang kami tidak tahu histori kesehatannya dan datang dari daerah pusat pandemi seperti Jakarta, ini menyulitkan," katanya.

3. Tes masif telah dilakukan untuk mengetahui penyebaran COVID-19

Ridwan Kamil Segera Lockdown Kota Bandung, Karawang, dan DepokDok.Humas Jabar

Kang Emil menambahkan, Pemerintah Daerah Provinsi Jabar saat ini sedang melakukan tes masif untuk memetakan penyebaran dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Sehingga, imbauan agar masyarakat agar tidak melakukan kegiatan mudik dinilainya tepat.

"Kalau ada yang mudik ini mempersulit peta lagi karena setiap pemudik yang mayoritas dari Jakarta kan otomatis dia jadi ODP, kalau dia sudah terpaksa datang ke Jabar maka dia wajib karantina mandiri," tuturnya.

4. Sosial Distancing di Kota Bandung belum efektif

Ridwan Kamil Segera Lockdown Kota Bandung, Karawang, dan DepokDok.Humas Jabar

Lebih lanjut, Kang Emil mengatakan, beberapa waktu lalu ia telah menyaksikan langsung inspeksi mendadak (sidak) yang terjadi di Kota Bandung. Menurutnya, masyarakat masih belum maksimal menerapkan sosial distancing.

"Kemarin, dalam video yang viral, memang saya sedang inspeksi dan melihat, memang respons terhadap bekerja di rumah dan social distancing belum dilakukan secara maksimal," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung akan Tutup Jalan Utama, Lockdown Masih Dipertimbangkan

Baca Juga: Lockdown Masih Ditimbang, Pemkot Bandung Pilih Tutup Jalan Utama

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya