Ridwan Kamil Resmikan "Flyover Korea" di Bandung 

Panjang Flyover Korea ini mencapai 1,7 kilometer

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil telah meresmikan Flyover Korea (Kopo Area) pada Sabtu (1/10/2022). Peresmian dilakukan setelah uji kelayakan selesai digelar.

Orang nomor satu di Jabar ini mengatakan, Flyover Korea memenuhi kebutuhan warga Bandung Raya dengan penduduk lokal di atas 9 juta. Flyover baru ini dibangun denagn panjang 1,7 kilometer.

"Nilai konstruksi Rp288 miliar sebelumnya dari 2014 pembebasan dilakukan dari pemprov Rp141 miliar. Hari ini sudah resmi dinyatakan layak fungsi. Minggu kemarin beberapa hari dilakukan pengetesan, dan tambahannya adalah pembangunan Monumen Cibaduyut," ujar Emil di lokasi peresmian.

1. Monumen Cibaduyut sedang dikerjakan

Ridwan Kamil Resmikan Flyover Korea di Bandung Ridwan Kamil saat resmikan Flyover Korea Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Soal monumen Cibaduyut, Emil menjelaskan, ia sudah membuat beberapa sketsa untuk dibangun di sekitar area ini. Dengan begitu, monumen yang dulunya sempat terdampak pembangunan itu akan dibangun kembali.

"Disosialisasikan tadi oleh Pak Camat, ternyata responsnya baik, kebetulan saya sendiri yang corat-coret. Insya allah dibangun secepatnya. Masukan dari pak menteri, sepanjang ini ada ornamen juga agar siang hari tidak terlalu rata," ungkapnya.

2. Pengerjaan struktur bangunan dilakukan secara maksimal

Ridwan Kamil Resmikan Flyover Korea di Bandung Ridwan Kamil saat resmikan Flyover Korea Bandung (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Usulan jalan agar tidak terlalu rata itu, kata Emil disebabkan karena ada teknologi yang dipasang di lampu bawah Flyover Korea, untuk menghilangkan tiang vertikal. Sehingga, dalam beberapa bulan ke depan, Flyover Korea akan lebih maksimal digunakan.

"Tempat ini akan menjadi tempat yang membanggakan secara fungsi, konstruksi dan estetika. Saya dengar teknologi dan teknik bekerja sangar safety sehinga tidak ada complain dari warga, ketika pancang dipukul-pukul kencang. Kemudian zero insiden, karena teknik keselamatannya luar biasa," jelasnya.

3. Flyover lainnya tengah dalam perencanaan

Ridwan Kamil Resmikan Flyover Korea di Bandung Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Setelah itu, saat ini Pemprov Jabar juga tengah berikhtiar untuk memberikan beberapa flyover baru untuk mengurangi kemacetan di Kota Bandung. Saat ini yang tengah dipikirkan yaitu Flyover Buahbatu-Kiaracondong.

"Buahbatu-Kiaracondong. Paling panjang, panjangnya lebih dari 2 kilometer, mohon bersabar karena yang lama itu biasanya pembebasan lahannya. Ini aja masih ada satu rumah yang harus diselesaikan," ucapnya.

4. Bulan depan ada jalan baru menuju Masjid Raya Al Jabbar

Ridwan Kamil Resmikan Flyover Korea di Bandung antarafoto.com

Kemudian, pembangunan jalan di arah Gedebage juga tengah diaudit. Sebab ada beberapa temuan yang diperbaiki untuk nanti dilanjutkan sesuai rencana semula. Sehingga, dia meminta masyarakat untuk bersabar.

"Minimal sebulan kita ada pembukaan akses tol menuju masjid agung atau Masjid Raya Al Jabbar yang akan diresmikan Desember 2022. Termasuk wacana underpass Cibiru tadi juga kita bicarakan," kata dia.

Baca Juga: Dapat Pesan dari Watimpres, Ridwan Kamil: Saya Disuruh Fokus Kerja

Baca Juga: Ridwan Kamil Kasih Pekerjaan pada Bapak dari Anak Korban Bullying

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya