Ridwan Kamil: Puncak Arus Mudik 1444 H Dimulai Besok 

Hari ini arus kendaraan belum ada peningkatan signifikan

Bandung, IDN Times - Arus mudik 2023 di wilayah Jawa Barat (Jabar) baru akan dimulai Rabu (19/4/2023) besok. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil memastikan peningkatan volume kendaraan terjadi besok.

"Puncak arus mudik kemungkinan besok, hari ini mulai meningkat pesat, prediksi di hari Rabu besok di hari libur," ujar Emil usai mudik gratis di kantor Bapenda Jabar, Selasa (18/4/2023).

1. Pemprov Jabar siagakan 300 pos jaga

Ridwan Kamil: Puncak Arus Mudik 1444 H Dimulai Besok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Emil memastikan, Pemprov Jabar telah memasang berbagai strategi untuk membuat nyaman para pemudik. Mulai dari pemantapan akses jalan hingga infrastruktur lain yang mendukung keamanan para pemudik.

"Pertama kami sudah siaga satu 300 pos penjagaan disiapkan, kesehatan keamanan, dan tol tembus Bocimi Sampai Cibadak, Cisumdawu sampai Kertajati Cirebon kemudian Cipali ada dua rest area baru di kilometer 88 dan 160," katanya.

2. Pemprov Jabar sudah berikan tiket mudik gratis

Ridwan Kamil: Puncak Arus Mudik 1444 H Dimulai Besok Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Pemprov Jabar juga telah menyediakan mudik gratis untuk masyarakat. Adapun sebanyak 6.500 tiket bus dan 5.954 tiket kereta api telah disiapkan. Mudik gratis ini telah dimulai tanggal 15-18 April 2023.

Kepala Dinas Perhubungan Jabar A. Koswara mengatakan, moda trasportasi yang akan digunakan dalam program mudik gratis pada Lebaran tahun ini, yaitu dengan menggunakan bus dan kereta api (KA).

"Untuk tiket yang kami siapkan masing-masing sebanyak 6.500 tiket untuk bus dan 5.954 tiket untuk kereta api," ucap Koswara di Kota Bandung, Rabu (5/4/2023).

3. Masyarakat diimbau memanfaatkan momen mudik gratis

Ridwan Kamil: Puncak Arus Mudik 1444 H Dimulai Besok Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Koswara memaparkan, bagi masyarakat Jabar yang akan mengikuti program mudik gratis dapat mengakses pendaftaran melaui website https://mudik-dishub.jabarprov.go.id untuk pendaftaran mudik dengan bus maupun kereta jarak jauh maupun regional antar kota/kabupaten.

Sedangkan untuk KA Lokal, pendaftaran melalui aplikasi KAI Access dan akan dibuka sesuai dengan ketentuan layanan reguler.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan mudik gratis ini agar perjalanan mudik dapat ditempuh dengan lebih aman," ujar Koswara.

"Masyarakat juga dapat merasakan mudik Lebaran yang aman, nyaman dan tertib sesuai dengan tagline Muara Hati, yaitu Mudik Jabar Juara Sehat, Selamat, dan Tertib," kata dia.

Baca Juga: Fasilitasi Warga Jabar Mudik, Pemprov Jabar Gelar Program Mudik Gratis

Baca Juga: Pemprov Jabar Salurkan Cadangan Pangan ke 4,4 Juta Keluarga

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya