Ridwan Kamil Pastikan Revitalisasi Situ Bagendit Sudah 90 Persen

Situ Bagendit merupakan calon ekowisata unggulan Jabar

Bandung, IDN Times - Revitalisasi objek wisata Situ Bagendit, Kabupaten Garut sudah hampir rampung. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil menyatakan pembangunan sudah mencapai 90 persen.

Perkembangan terkini dari calon ekonomi pariwisata berbasis masyarakat atau ekowisata ini disampaikan Emil melalui keterangan resminya di sosial media, Instagram dan Twitter. Ia mengatakan bahwa proyek itu akan segera rampung.

"Proyek ini sudah selesai 90 persen. Dari 12 zona, ada satu zona istimewa yaitu zona kebun teratai yang indah," ujar Emil, dikutip dari cuitan Twitter-nya, Senin (10/1/2022).

1. Pembangunan Situ Bagendit akan lebih bagus dari sebelumnya

Ridwan Kamil Pastikan Revitalisasi Situ Bagendit Sudah 90 PersenIDN Times/Galih Persiana

Selain mengungkapkan progres teranyar dari pembangunan Situ Bagendit, Emil bilang, bahwa akan banyak tempat yang bagus untuk dikunjungi para wisatawan ketika datang ke Situ Bagendit. Kemudian, dikatakannya, pembangunan Situ Bagendit akan lebih bagus dari sebelumnya.

"Setelah puluhan tahun tidak ada perubahan, sebentar lagi danau Situ Bagendit, Garut akan mengalami transformasi luar biasa," kata dia.

2. Ridwan Kamil minta pembangunan ini selesai akhir tahun kemarin

Ridwan Kamil Pastikan Revitalisasi Situ Bagendit Sudah 90 PersenIDN Times/Galih Persiana

Untuk diketahui, proyek revitalisasi Situ Bagendit dikerjakan oleh BUMN PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. Mereka dipilih sebagai kontraktor pelaksana. Tahun lalu, perusahaan pelat merah itu diminta mengerjakan penataan kawasan Situ Bagendit selama 14 bulan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga menekankan agar pembangunan Situ Bagendit dapat diselesaikan pada Desember 2021. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk kemajuan pariwisata Jabar khususnya Kabupaten Garut.

3. Revitalisasi Situ Bagendit usulan Presiden Jokowi

Ridwan Kamil Pastikan Revitalisasi Situ Bagendit Sudah 90 PersenInstagram Chepybennington/

Penataan kawasan wisata Situ Bagendit merupakan komitmen bersama antara pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar, dan Pemda Kabupaten Garut.

Emil mengatakan, penataan diawali usulannya kepada Presiden RI Joko Widodo saat kunjungan kerja ke Situ Bagendit di 2019. Ia mengusulkan agar objek wisata kebanggaan warga Garut itu bisa dipercantik menjadi wisata kelas dunia.

4. Ada enam zona dibangun dengan nilai kontrak Rp81,1 miliar

Ridwan Kamil Pastikan Revitalisasi Situ Bagendit Sudah 90 PersenSitu Bagedit (travel.kompas.com)

Masterplan penataan kawasan wisata Situ Bagendit dengan nilai kontrak kurang lebih Rp81,1 miliar ini terdiri dari tiga gate yang merupakan akses masuk bagi pengunjung dan enam zona yang meliputi beberapa fungsi.

Adapun enam zona ini yaitu wisata publik (Zona 1), area kuliner (Zona 2), area green school (Zona 3), area komersil (Zona 4), area water sport (Zona 5), serta area masjid dan konservasi (Zona 6).

5. Masing-masing zona akan ada fasilitas untuk wisatawan

Ridwan Kamil Pastikan Revitalisasi Situ Bagendit Sudah 90 PersenANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.

Dari berbagai zona itu, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas, seperti pada zona satu, akan ada wisata air, ruang terbuka, taman, amfiteater, dermaga, taman teratai, plaza utama, plaza edukasi, ruang kuliner, kios oleh-oleh, parkir kendaraan, hingga toilet.

Sementara di zona enam, akan dibangun Pulau Nusa Kelapa yang nantinya terdapat masjid, menara pandang, plaza utama, area literasi, playground, sky bridge, dermaga, jembatan, plaza air, hingga kawasan konservasi.

Setiap zona pun dihubungkan oleh jalur pedestrian yang terbagi ke dalam dua tipe, yaitu pedestrian dengan tanggul dan elevated pedestrian.

Baca Juga: 5 Fakta Revitalisasi Situ Bagendit, Calon Ekowisata Unggulan Jabar

Baca Juga: Ridwan Kamil Siap Bangun Situ Rawa Kalong sebagai Percontohan di Depok

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya