Ridwan Kamil Pastikan Peresmian KCJB Tepat Pada 18 Agustus 2023

Peresmian KCJB direncanakan jadi kado HUT RI ke-78

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Emil memastikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan diresmikan pada 18 Agustus 2023. Nantinya, peresmian akan dilakukan bersama dengan pemerintah pusat.

Emil mengatakan, berdasarkan koordinasi terakhir bersama dengan pemerintah pusat, rencana peresmian masih pada waktu yang sama. Belum ada kabar perubahan untuk waktu peresmian.

"Komitmen masih di tanggal itu (18 Agustus 2023), saya belum ada kabar lagi," ujar Emil, Selasa (8/8/2023).

1. Akses lanjutan dari KCJB masih direncanakan pemerintah pusat

Ridwan Kamil Pastikan Peresmian KCJB Tepat Pada 18 Agustus 2023Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Soal akses lanjutan dari KCJB, Emil mengatakan, hal itu tengah berprogrees, pembangunan kereta cepat merupakan proyek yang sedang berjalan. Sehingga, semua langkahnya tengah dipersiapkan.

"Kalau akses belum, berarti sedang dikerjakan. Pada saat inspeksi mungkin belum. Kadang suka diramaikan tanpa melihat konteksnya, kayak urusan LRT yang melengkung. Jawaban saya sederhana, kalau lengkungnya lebih besar harus ada pembebasan gedung-gedung yang mahal," katanya.

2. Pengaktifan dua stasiun menunggu keputusan presiden

Ridwan Kamil Pastikan Peresmian KCJB Tepat Pada 18 Agustus 2023Penunjuk arah menuju Kereta Api (KA) Feeder Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Bandung. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Ridwan Kamil menambahkan, baik Stasiun Tegalluar maupun Padalarang nantinya akan dihidupkan dengan aktivitas KCJB. Namun, hal ini tetap menunggu arahan dari presiden. Meniggat kereta cepat merupakan proyek pemerintah pusat.

"Dua-duanya (stasiun), menunggu Tegalluar menjadi kota baru. Arahan presiden. Padalarang difungsikan dulu. Jadi ujungnya di Tegalluar," katanya.

3. Menko Marves pastikan peresmian KCJB bertepatan dengan HUT RI

Ridwan Kamil Pastikan Peresmian KCJB Tepat Pada 18 Agustus 2023Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara Evaluasi Aksi Afirmasi Peningkatan Pembelian dan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri Dalam Rangka Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Jakarta Convention Center, Selasa (24/5/2022). (dok. Kemenko Marves)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, sejumlah kesepakatan untuk KCJB dilakukan dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Salah satunya peresmian pada 18 Agustus 2023.

"Kereta api cepat Jakarta Bandung, kita harapkan mulai beroperasional 18 Agustus 2023 sebagai hadiah HUT RI ke-78," kata Luhut dalam Konferensi Pers Kerjasama Indonesia-Tiongkok, di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Baca Juga: Molor, Pemerintah Janji Siapkan Akses Stasiun KCJB Karawang

Baca Juga: Operasional Stasiun KCJB Karawang Ditunda, Ini Penjelasan Erick Thohir

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya