Ridwan Kamil: Galeri Rasullulah Diresmikan Senin Mendatang

Masyarakat bisa membeli tiket galeri scara online

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mengumumkan peresmian Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar pada Senin (27/3/2023), pekan depan. Masyarakat nantinya bisa langsung mendaftarkan diri untuk mendapatkan tiket.

"Dengan ini saya umumkan, insya Allah hari Senin, Galeri Rasulullah (diresmikan) terkait sejarah Islam, lahirnya Islam, sejarah Islam di dunia maupun Indonesia," ujar Emil melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu (25/3/2023).

1. Pembelian tiket online menyesuaikan kondisi COVID-19

Ridwan Kamil: Galeri Rasullulah Diresmikan Senin MendatangMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Penempatan Galeri Rasulullah terletak di rubanah Masjid Raya Al Jabbar, yang menyajikan informasi mengenai sejarah kehidupan Rasulullah dan penyebaran Islam ditampilkan dengan memanfaatkan teknologi digital.

Adapun pengunjung yang akan datang menyaksikan galeri ini harus lebih dulu melakukan pendaftaran secara online.

"Kita sudah terbiasa sejak COVID-19 untuk hidup tetap produktif dengan adanya online, menyesuaikan diri dengan dunia digital," ungkapnya.

2. Berharap galeri membanggakan warga Jabar

Ridwan Kamil: Galeri Rasullulah Diresmikan Senin MendatangMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil menambahkan, galeri ini sangat penting untuk mempelajari sejarah Islam dunia juga sejarah awal Islam masuk ke Indonesia. Sehingga, masyarakat bisa datang dan mendapatkan pengalaman baru melalui Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar.

"Ini sangat penting, mudah-mudahan membanggakan. Insya Allah terbaik di Indonesia bahkan dunia. Berita baik ini menyertai kebanggaan kita," katanya.

3. Masjid Raya Al Jabbar sudah dibuka untuk umum

Ridwan Kamil: Galeri Rasullulah Diresmikan Senin MendatangMasjid Al Jabbar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Untuk diketahui, Masjid Raya Al Jabbar dibuka kembali pada awal Ramadan 2023. Masjid milik Pemprov Jabar ini juga menggelar salat tarawih perdana setelah diresmikan pada akhir Desember 2022.

Ridwan Kamil mengatakan, sesuai dengan janji yang disampaikan beberapa hari kemarin, Masjid Raya Al Jabbar akan dibuka untuk umum saat awal ramadan 2023 atau 1444 Hijriah.

"Insya Allah besok Rabu malam saat taraweh pertama Ramadhan Masjid Raya mulai dibuka untuk umum, Insya Allah lebih tertib dan lebih nyaman untuk beribadah," ujar Emil melalui akun instagram pribadinya, dikutip Rabu (22/3/2023).

Meski begitu, Emil berpesan kepada semua jemaah yang bakal menunaikan ibadah salat tarawih di Masjid Raya Al Jabbar untuk bisa menjaga ketertiban dan kebersihan.

Mengingat, beberapa tong sampah sudah disediakan oleh petugas masjid.

"Silakan makmurkan dan ramaikan, dan selalu jaga ketertiban dan kebersihan," kata dia.

Baca Juga: Mengkilap! Ini Cat yang Dipakai untuk Kubah Masjid Raya Al Jabbar

Baca Juga: Masjid Raya Al Jabbar Sediakan 4.000 Paket Takjil Selama Ramadan 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya