Ridwan Kamil Bicara Kemungkinan Duet dengan Demul di Pilgub Jabar 2024

Ridwan Kamil: dalam politik tidak ada yang tidak mungkin

Bandung, IDN Times - Langkah politik Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil di pesta demokrasi 2024 semakin menarik diikuti. Suami dari Atalia ini kemungkinan akan kembali terjun dalam pemilihan gubernur di Jawa Barat atau maju di DKI Jakarta.

Dalam pelaksanaannya, Emil mengaku siap dipasangkan dengan siapapun termasuk dengan Dedi Mulyadi (Demul) mantan kader Golkar yang  berpindah ke Partai Gerindra. Sebab, menurut Emil, dalam politik tidak ada yang tidak mungkin, termasuk kemungkinan berduet dengan Demul. Namun, kata dia, hal itu harus berdasarkan keputusan partai.

"Dalam politik mah segala kemungkinan bisa saja, karena politik itu kepentingan. Kalau misalkan partai-partainya berkoalisi, ya harus melupakan hal-hal yang sifatnya personal. Kepentingan rakyat Jawa Barat itu kan lebih utama," ujar Emil, dikutip Senin (29/5/2023).

1. Belum pastikan maju di Pilgub Jabar atau DKI Jakarta

Ridwan Kamil Bicara Kemungkinan Duet dengan Demul di Pilgub Jabar 2024Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sebelumnya, langkah politik Ridwan Kamil semakin mengerucut di pilgub dibandingkan dengan pilpres. Emil dipastikan tidak akan ikut maju dalam Pileg 2024 usai masa jabatannya sebagai Gubernur periode 2018-2023.

"Sehingga opsi saya adalah sama melanjutkan gubernur, nanti di November (2024) antara Jawa Barat atau DKI, survei dua-duanya bagus," ujar Emil di Gedung Pakuan, Kamis (25/5/2023).

Meski begitu, Emil belum mau menentukan secara pasti apakah maju di Pilgub Jabar atau DKI Jakarta. Menurutnya, hal itu merukunkan pertimbangan dari partai.

"Restu partai belum karena nanti setelah di bulan Februari (Pileg dan Pilpres 2024). Tapi kalau berbicara hari ini dua provinsi itu surveinya bagus," ucapnya.

2. Ridwan Kamil bakal mengumumkan pilihannya pada Februari

Ridwan Kamil Bicara Kemungkinan Duet dengan Demul di Pilgub Jabar 2024Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Jabatan Emil sebagai Gubernur Jabar sendiri akan berakhir pada 5 September 2023. Sedangkan Pilgub Jabar periode 2025–2030 baru akan dimulai sekitar November 2024. Adapun pada Februari 2024 baru dimulainya Pileg dan Pilpres.

Emil mengatakan, keputusan pasti apakah akan maju ke Jabar periode kedua atau melangkah ke DKI Jakarta diumumkan pada Februari 2024.

"Engke Februari we (nanti Februari saja, red). Pasti viral," ujar Emil. 

3. Dinamika politik pasti akan terjadi

Ridwan Kamil Bicara Kemungkinan Duet dengan Demul di Pilgub Jabar 2024Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Menurutnya, dalam politik pasti ada dinamika yang akan terjadi. Sebagai kader partai politik, Emil mengungkapkan semua keputusan yang bersifat pencalonan gubernur harus tetap ada koordinasi dengan ketua dan pengurus partai.

"Sampai menjelang detik terakhir itu nanti akan ada banyak breaking news, banyak belokan, dan yang saya tidak paham. Saya tahu diri sebagai anggota partai ikut keputusan eksisting hari ini," ucapnya.

Baca Juga: 5 Gaya Kepemimpinan Ridwan Kamil yang Bikin Jabar Juara Lahir Batin

Baca Juga: Terima Dubes China, Ridwan Kamil Ingin Perpanjang Kerja Sama

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya