Ridwan Kamil Beri Tempat Baru untuk Citayam Fashion Week

Tempat baru itu segera diresmikan Ridwan Kamil pekan ini

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil akan memberikan tempat baru untuk kegiatan Citayam Fashion Week. Tempat baru yang akan diberikan oleh Emil itu terletak di Situ Rawa Kalong, Kota Depok.

Emil mengatakan, pembangunan Situ Rawa Kalong, Kota Depok sebelumnya sudah dilakukan revitalisasi. Adapun saat ini pembangunan sudah selesai dan menunggu seremoni tempat tersebut pekan ini.

"Hari Jumat besok akan diresmikan, itu petanda ada ruang publik di Depok. Banyak hadiah dari Pak Gubernur. Selain Jalan Dewi Sartika, Rawa Kalong danaunya sudah siap dipergunakan," ujar Emil di Gedung Sate, Senin (1/8/2022).

1. Citayam Fashion Week bisa gunakan Situ Rawa Kalong

Ridwan Kamil Beri Tempat Baru untuk Citayam Fashion WeekGubernur Jabar Ridwan Kamil (Humas/Pemprov Jabar)

Hadirnya tempat baru itu, kata Emil, bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat Depok dan luar kota. Bahkan, Emil komunitas Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok (SCBD) bisa memanfaatkannya untuk Citayam Fashion Week.

"Kalau Citayam Fashion Week mau pindah ke sana silakan. Kapan lagi jalan-jaaln di atas air. Nanti saya posting," kata Emil.

Sebelumnya, Emil mengecek progres revitalisasi Setu Rawa Kalong di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Sabtu (18/12/2021). Dia mengatakan, revitalisasi Setu Rawa Kalong akan jadi kebanggaan warga Depok.

"Selama dua tahun COVID-19 membuat kita harus refocusing, semua pembangunan terhambat, terlambat. Penting menyelamatkan nyawa dulu, setelah urusan nyawa selamat dan COVID-19 melandai bagus sekarang kita kembali mengurusi hal-hal yang seharusnya, yaitu mengurusi pembangunan," ujar Ridwan Kamil.

2. Revitalisasi sudah dilakukan sejak tahun kemarin

Ridwan Kamil Beri Tempat Baru untuk Citayam Fashion WeekGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kota Depok, jika dilihat secara geografis, memiliki kekayaan alam danau melimpah. Maka dari itu, Pemprov Jabar mengubah Setu Rawa Kalong yang tadinya kumuh jadi destinasi wisata unggulan.

"Dulu kumuh, kotor, jorok dan sebagainya. Nah ini kita beri contoh satu dari provinsi nanti bisa dari pusat, satu dari pemkot untuk terus memperbaiki kekayaan Depok yang tidak dimiliki oleh kota lain yaitu danau. Jadi ini luar biasa," katanya.

3. Masyarakat bisa bebas akses Situ Rawa Kalong

Ridwan Kamil Beri Tempat Baru untuk Citayam Fashion WeekGubernur Jabar Ridwan Kamil (Humas/Pemprov Jabar)

Emil juga menerima aspirasi masyarakat terkait keinginannya agar tidak ada pembatas yang menghalangi pemukiman penduduk.

"Tadi juga aspirasi warga saya sepakat jangan dibenteng semua, kan biar warga jadi Satpol PP-nua. Justru bagi yang di sini mendapatkan kesejahteraannya," ucapnya.

Selain itu, Emil pun akan memberikan fasilitas bagi yang gemar memancing di Setu Rawa Kalong. Karena menurutnya, budaya memancing tidak boleh dihilangkan dari keseharian warga Depok.

"Budayanya juga tidak boleh dihilangkan, cuma jangan semua jadi titik mancing, ada zona-zonanya nanti oleh yang mengatur dikasih tahu. Mancingnya zona tertentu, yang ini zona apa-apa jadi lebih tertib," kata dia.

Baca Juga: Asal-usul Citayam Fashion Week, Jadi Ajang Pamer Fashion di SCBD

Baca Juga: Sosiolog: Fenomena SCBD Perlawanan Budaya Pamer Kemewahan-Konsumerisme

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya