Ridwan Kamil Ajukan Mochtar Kusumaatmadja sebagai Pahlawan Nasional

Pemprov Jabar mencari dukungan agar usulan dapat disetujui

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengusulkan almarhum Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional. Usulan ini terus berproses, Pemprov Jabar juga terus mencari dukungan agar mendapatkan keputusan dari pemerintah pusat.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, ada beberapa alasan mengapa Profesor Mochtar Kusumaatmadja layak menjadi pahlawan nasional. Menurutnya, almarhum sangat berjasa besar dalam konsep kenusantaraan di Indonesia.

Mochtar Kusumaatmadja diketahui pernah menjabat sebagai Menteri Kehakiman tahun 1974-1978 dan Menteri Luar Negeri 1978-1988. Ia juga melanjutkan perjuangan Ir H Djuanda terkait kenusantaraan yang akhirnya disetujui oleh dunia.

"Seperti kita tahu konsep nusantara dicetuskan oleh Ir H Djuanda tapi disetujuinya oleh dunia atas perjuangan Mochtar," ujar Emil, Rabu (10/11/2021).

1. Banyak dukungan agar Mochtar Kusumaatmadja menjadi pahlawan nasional

Ridwan Kamil Ajukan Mochtar Kusumaatmadja sebagai Pahlawan NasionalIDN Times

Selain pernah menjabat sebagai menteri, tokoh kelahiran 17 Februari 1929 ini juga seorang akademisi dan diplomat. Ia juga merupakan guru besar Fakultas Hukum Universitas Padjajaran Bandung. Sehingga, Emil menganggap bahwa Mochtar Kusumaatmadja banyak berkiprah di Jabar dan Indonesia.

Usulan Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional juga telah mendapat dukungan penuh dari para budayawan dan tokoh masyarakat.

"Semua mendukung, para budayawan dan tokoh masyarakat juga sangat luar biasa terhadap pengusulan nama pahlawan nasional ini," ucapnya.

2. Jasa Mochtar Kusumaatmadja untuk Indonesia harus dihargai

Ridwan Kamil Ajukan Mochtar Kusumaatmadja sebagai Pahlawan NasionalRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Dalam momentum Hari Pahlawan Nasional 2021 ini masyarakat Jabar harus menghormati jasa-jasa para pahlawan yang sudah berkorban untuk bangsa dan negara, termasuk Mochtar Kusumaatmadja.

"Dalam momentum ini sudah selayaknya kita semua menghargai pahlawan Jabar yang luar biasa ini," jelasnya.

3. Mochtar Kusumaatmadja direncanakan akan disematkan untuk nama jalan

Ridwan Kamil Ajukan Mochtar Kusumaatmadja sebagai Pahlawan Nasional ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Seandainya pemerintah pusat sudah menyetujui Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional, Emil bilang, namanya akan diabadikan pada jalan di Kota Bandung. Namun, hal itu baru akan ditentukan setelah pemerintah pusat menyetujui.

"Ada kemungkinan namanya akan kita abadikan di sebuah jalan di Ibu Kota Jabar, teknisnya nanti sedang kita atur," kata dia.

4. Usulan ini sudah sejak awal 2021

Ridwan Kamil Ajukan Mochtar Kusumaatmadja sebagai Pahlawan NasionalPresiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) melihat foto Pahlawan Nasional Arnold Mononutu yang merupakan tokoh dari Provinsi Sulawesi Utara saat peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/11/2020). Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada enam tokoh yang telah melalui proses seleksi oleh Kementerian Sosial dan Dewan Gelar dan Tanda Kehormatan. (BPMI Setpres/Lukas)

Sebagai informasi, Mochtar Kusumaatmadja meninggal tanggal 6 Juni 2021 pada usia 92 tahun dan dimakamkan di TMP Kalibata Jakarta. Pengusulan Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional pertama berkembang Juni 2021 setelah Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran menggelar preseminar berbagai perguruan tinggi di Indonesia, kantor Sekretariat Negara, dan media massa.

Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat bersama tim pengusul telah bertemu dengan keluarga almarhum Mochtar Kusumaatmadja di Jakarta dan mendapat persetujuan.

Para sesepuh Jabar concern dengan fakta bahwa hingga ini sudah ada 13 nama tokoh Jabar dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Namun, sudah 10 tahun tidak ada pahlawan nasional berasal dari Jabar.

Baca Juga: Organisasi Sayap Kanan Golkar Siap Dukung Ridwan Kamil Maju Pilpres 

Baca Juga: Seluruh Wilayah Jabar Masuk Status Siaga Darurat Kebencanaan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya