Ridwan Kamil: 2023 Ada Aplikasi Pencari SPKLU Mirip MiChat

SPKLU di Jabar sudah ada 140 unit, termasuk punya PLN

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil berencana untuk memperbanyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pada 2023. Salah satu caranya yaitu menyediakan SPKLU di seluruh hotel yang ada di Jabar. Selain itu juga bakal ada aplikasi pencari khusus keberadaan SPKLU.

Emil mengatakan, saat ini sudah ada ratusan SPKLU yang tersebar di kabupaten dan kota di Jabar. Pada 2023, unit SPKLU juga akan ditambahkan dengan menggandeng pemilik hotel.

"Jabar sudah punya 140-an SPKLU, dan target ke depannya itu sebanyak-banyaknya. Jadi SPKLU itu jangan membayangkan seperti pom bensin (SPBU) di pinggir-pinggir jalan saja karena sifatnya gampang, nanti di garasi-garasi, parkiran hotel juga akan dipasang," ujar Emil di Hotel Preanger, Sabtu (24/12/2022).

1. Akan ada aplikasi seperti khusus pencari SPKLU

Ridwan Kamil: 2023 Ada Aplikasi Pencari SPKLU Mirip MiChatGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Pemprov Jabar sendiri sangat serius dalam mendukung kendaraan tenaga listrik. Semua upaya untuk mendukung kenyamanan kendaraan listrik juga terus dilakukan. Bahkan, nantinya akan ada aplikasi khusus untuk pengendara mencari SPKLU terdekat.

"Jadi kenyamanan itu akan kami pasang, nanti pakai digital juga buka aplikasi di mana seperti MiChat gitulah mereun (mungkin). Jadi gampang dicari. Apa yang bisa dicari," ungkap Emil, sambil tertawa

2. Pemprov Jabar sedang melakukan integrasi data dengan DJK

Ridwan Kamil: 2023 Ada Aplikasi Pencari SPKLU Mirip MiChatstasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) (Dok. Kementerian ESDM)

Di tempat yang sama, Kepala Dinas ESDM, Ai Saadiyah Dwidaningsih membenarkan soal adanya aplikasi khusus untuk pencarian SPKLU di wilayah Jabar. Pemprov Juga bakal bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (DJK).

Kerja sama dilakukan untuk pemetaan lokasi SPKLU yang ada. Sebab, saat ini tidak hanya PLN yang punya SPKLU.

"Kami sedang melakukan integrasi dengan DJK. Jadi DJK itu sudah memiliki pemetaan (SPKLU), PLN sudah punya tapi di luar PLN juga sudah disediakan," katanya.

3. 2023 aplikasi pencari SPKLU akan dihadirkan

Ridwan Kamil: 2023 Ada Aplikasi Pencari SPKLU Mirip MiChatsuara.com

Aplikasi ini nantinya dihadirkan untuk mempermudah para pengguna kendaraan bertenaga listrik bisa mengisi ulang dayanya. Tahun depan diharapkan aplikasi tersebut sudah bisa digunakan untuk warga Jabar.

"Insya Allah 2023 kami akan menyiapkan sistem yang bisa memberikan informasi kepada masyarakat. Ketika mereka masuk di Jabar, itu titik-titik SPKLU-nya di mana saja bisa ketahuan," kata dia.

Baca Juga: Punya Ratusan SPKLU, Jabar Klaim Siap Hadapi Kendaraan Listrik

Baca Juga: SPKLU di Jabar Belum Capai Target, Ini Alasannya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya