Resmi Jadi Pj Walkot Bekasi, Gani Janji Tangani Krisis Air Bersih

Air merupakan hak dasar masyarakat yang harus dipenuhi

Bandung, IDN Times - Kepala Biro Hukum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Raden Gani Muhammad resmi dilantik sebagai Penjabat atau Pj Wali Kota Bekasi. Dia dilantik oleh Pj Gubernur Bey Machmudin di Gedung Sate, Rabu (20/9/2023).

Pria yang akrab dengan panggilan Gani ini membeberkan beberapa hal yang akan dilakukannya selama nanti menjadi Pj Wali Kota Bekasi. Salah satu yang akan difokuskan yaitu penanganan krisis air bersih.

"Air bersih ini menyangkut pelayanan kepada masyarakat. Kami segera coba atasi, karena itu kebutuhan yang sangat mendasar, yang dirasakan oleh masyarakat di Kota Bekasi," ujar Gani usai pelantikan.

1. Pj Wali Kota Bekasi akan kumpulkan kepala dinas

Resmi Jadi Pj Walkot Bekasi, Gani Janji Tangani Krisis Air BersihIlustrasi penyaluran air bersih.ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Dalam beberapa waktu ke depan, Gani akan langsung mengumpulkan beberapa dinas terkait dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengetahui akar masalah yang membuat terjadinya krisis air.

"Kami nanti konsolidasi internal dulu seperti saya sampaikan tadi, supaya nanti kami tahu akar permasalahannya dan kami mengantisipasi langkah-langkah yang tepat," ungkapnya.

2. Semua persoalan menyangkut hak masyarakat akan ditangani

Resmi Jadi Pj Walkot Bekasi, Gani Janji Tangani Krisis Air BersihIlustrasi air (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Gani mengatakan, selain krisis air, ada juga beberapa hal lain yang harus ditangani. Semua yang menyangkut hak dasar masyarakat ia pastikan akan menjadi fokus kerjanya selama satu tahun lebih ke depan.

"Sebenarnya banyak hal-hal lain juga yang nanti secara skala prioritas. Semua urgent, tetapi harus ada skala prioritas untuk kami selesaikan bersama," katanya.

3. Krisis air Kota Bekasi terjadi karena pencemaran limbah

Resmi Jadi Pj Walkot Bekasi, Gani Janji Tangani Krisis Air BersihIlustrasi droping air bersih. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Kota Bekasi saat ini dilanda krisis air bersih. Hal ini terjadi karena adanya pencemaran yang membuat Perumda Tirta Patriot kesulitan menyalurkan air bersih ke masyarakat.

Dampak krisis ini kemudian membuat warga kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari.

Selain itu, persoalan ini juga sempat viral di media sosial. Wali Kota Bekasi sebelumnya Tri Adhianto Tjahyono juga sempat meminta maaf karena PDAM Tirta Patriot belum bisa menyalurkan air bersih akibat adanya pencemaran sumber air baku di Kali Bekasi.

"Segala upaya kami lakukan untuk mencapai langkah-langkah alternatif dan solusi terhadap permasalahan ini," kata dia.

Baca Juga: Masa Jabatan Sisa 12 Hari, Wali Kota Bekasi Mutasi 125 PNS

Baca Juga: Kurangi Polusi, Wali Kota Bekasi Imbau ASN Gunakan Transportasi Umum

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya