Relawan Jokowi di Jabar Konsisten Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres

Relawan juga bentuk gerakan untuk memenangkan Ganjar

Bandung, IDN Times - Relawan penduduk Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Jawa Barat konsisten mendukung bakal calon presiden Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Arah dukungan dipastikan tidak berbelok dan sudah bulat.

Salah satu relawan pendukung Presiden Jokowi, dari Jabar, Mayjen (Purn) TB Hasanuddin mengatakan, saat ini dirinya sudah bulat untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai presiden di Pilpres 2024. Sikap nyata dukungan ini dituangkan dalam pembentukan relawan Jaringan Rakyat untuk Ganjar Pranowo (Juragan).

"Juragan dideklarasikan di Bandung, menyusul Banten setelah itu menyusul di Depok kemudian Tasikmalaya, Pandeglang, Serang kemudian bulan depan akan dideklarasikan di Garut, Pangandaran, Ciamis dan Kuningan. Nanti menyusul tempat lain seperti Majalengka Subang, Sumedang, ujar TB Hasanuddin di Bandung, Selasa (25/7/2023).

1. Relawan Jokowi pindah dukungan ke Prabowo tidak banyak

Relawan Jokowi di Jabar Konsisten Dukung Ganjar Pranowo di PilpresMayjen (Purn) TB Hasanuddin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

TB Hasanuddin menjelaskan, soal banyaknya relawan pendukung Presiden Jokowi yang berpindah dukungan ke Pranowo Subianto jumlahnya tidak banyak. Dia sendiri mengetahui berdasarkan data yang dimilikinya.

"Kalau saya lihat data internal yang saya dapat, ini (relawan pindah dukungan) tidak banyak. Mengapa? Kalau soal relawan (Jokowi) dulu kan awalnya saya juga ikut dirikan seperti Budie Arie dulu kan kader kita dari Jakarta. Nyaleg tidak lolos ya sudah dari luar buat Projo," ungkapnya.

2. Projo ada 15 persen yang pindah dukungan ke Prabowo

Relawan Jokowi di Jabar Konsisten Dukung Ganjar Pranowo di PilpresJajaran relawan Pro Jokowi (Projo) dalam konferensi pers Langkah Politik Projo Pasca Musra (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Beberapa relawan Presiden Jokowi yang kini berpindah dukungan ke Prabowo Subianto juga tidak bisa dijadikan ancaman. Sebab, dirinya mengetahui kekurangan relawan yang berpindah dukungan tersebut.

"Kalau bicara Projo saya tahu kekuatannya mungkin sisa 15 persenan yang sekarang seseolah mendukung Pak Prabowo. Ini tidak (jadi ancaman) ada silahkan saja. Relawan ini setiap hari bisa dibikin," jelasnya.

3. Jabar konsisten mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Relawan Jokowi di Jabar Konsisten Dukung Ganjar Pranowo di PilpresGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

TB Hasanuddin memastikan, bekas pendukung Presiden Jokowi kini konsisten mendukung Ganjar Pranowo. Tidak ada relawan yang berpindah haluan atau berbelok mendukung Prabowo Subianto.

"Jabar jelas (dukung Ganjar) ketua Projo dukung Ganjar. Yang mengatas namakan pendukung ini kadang memang susah (dipastikan). Kadang-kadang misalnya ketika ada kumpul Projo dia datang, kumpul Sekans juga datang masa ini cair," kata dia.

Baca Juga: Silaturahmi dengan Relawan Prabowo, Projo Yakin Jokowi Dukung Prabowo

Baca Juga: PDIP Sindir Rekam Jejak Projo yang Temui Relawan Prabowo

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya