Rekapitulasi Suara Komeng, Teriakan 'Uhuy' Menggema di KPU Jabar

Komeng peroleh 336,318 suara di Kota Bandung

Bandung, IDN Times - Teriakan uhuy menggema selama rekapitulasi suara Calon Legislatif anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi Jawa Barat, Alfiansyah Bustami alias Komeng di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Sabtu (9/3/2024).

Berdasarkan pantauan IDN Times, peristiwa teriakan uhuy ini terjadi saat pembacaan hasil rekapitulasi suara DPD Jawa Barat dari wilayah Kota Bandung. Saat itu KPU Kota Bandung turut membacakan perolehan suara satu persatu caleg DPD, hingga akhirnya sampai nomor urut sepuluh milik Komeng.

"Calon nomor 10, dengan 336,318 suara," ujar pembaca D hasil rekapitulasi tingkat Kota Bandung. "Uhuy" langsung diteriakkan para peserta pleno.

1. Komeng bersama tiga calon lainnya akan jadi senator asal Jabar

Rekapitulasi Suara Komeng, Teriakan 'Uhuy' Menggema di KPU Jabarpotret komedian Komeng (instagram.com/komeng.original)

Komeng sendiri berpotensi lolos dan menjadi senator asal Jawa Barat. Sebelum rekapitulasi surat suara tingkat provinsi dimulai, pelawak senior ini memperoleh suara yang cukup besar berdasarkan real count laman KPU pada Senin, 19 Februari 2024. Dia berhasil mengantongi 1.798.455 suara.

Untuk DPD RI Dapil Jawa Barat mendapatkan kuota empat kursi, Komeng berpotensi akan didampingi tiga orang dengan perolehan suara terbesar. Adapun tiga orang yang kuat mendampingi Komeng yaitu Zihan Fahira, Aanya Rina Casmayanti, Aceng Hulik Munawar Fikri atau Aceng Fikri.

2. Rekapitulasi suara belum selesai semuanya

Rekapitulasi Suara Komeng, Teriakan 'Uhuy' Menggema di KPU Jabar(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, KPU Jawa Barat Hedi Ardia mengatakan, rekapitulasi surat suara tingkat provinsi akan diputuskan pada 10 Maret 2024. Adapun pada hari ini ditargetkan rekapitulasi suara dari 22 kabupaten kota bisa selesai.

"Hari ini ada Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Sukabumi, kami targetkan 22 kabupaten kota selesai, dan sisanya lima lagi besok," ujar Hedi di sela perhitungan rekapitulasi suara tingkat provinsi.

3. Saksi partai pertanyakan soal daftar pemilih tambahan

Rekapitulasi Suara Komeng, Teriakan 'Uhuy' Menggema di KPU Jabar(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Rapat pleno perhitungan suara tingkat provinsi sudah digelar sejak Rabu (6/3/2024). Hedi memastikan, hingga hari ini banyak saksi dari partai politik yang menanyakan soal jumlah pemilih tambahan untuk setiap jenjang di Pemilu 2024.

"Mereka juga pertanyakan adanya laporan (kecurangan), di mana menurut mereka belum ditindaklanjuti pada saat pleno di tingkat kota dan tadi sudah di konfrontir langsung dan pada umumnya sudah diselesaikan," kata dia.

Hedi menambahkan, KPU Jawa Barat juga sudah melakukan konfrontir langsung antara KPU kabupaten kota dan sanksi masing-masing partai atas dugaan kecurangan itu.

"Tadi sudah disampaikan dan yang bermasalah dengan DPT dilakukan pencermatan oleh KPU Jawa Barat," kata dia.

Baca Juga: 7 Adu Outfit DPR IAN vs Komeng, Siapa Lebih Kece?

Baca Juga: Mengejar Komeng, Uhuy!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya