Rayakan Imlek, Gubernur Emil: Utamakan Nilai Pancasila di Jabar

Emil maknakan kedatangannya sebagai semangat Pancasila

Bandung, IDN Times - Tahun baru Imlek 2571, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengunjungi beberapa klenteng di Kota Bandung. Kunjungannya tersebut bertujuan sebagai pemberi semangat Pancasila di Provinsi Jabar.

"Saya hadir sebagai simbol semangat kepancasilaan, harus hadir di tanah Jabar ini. Kita bisa jadi bangsa besar karena bisa mengelola perbedaan dan keberagaman," ujar Emil usai menijau Vihara Samudra Bakti, Jalan Kelenteng, Kota Bandung, Sabtu (25/1).

Baca Juga: Polda Jabar Libatkan Ahli Budaya dan Sejarah untuk Ungkap Sunda Empire

1. Imlek di Jabar berjalan kondusif

Rayakan Imlek, Gubernur Emil: Utamakan Nilai Pancasila di JabarIDN Times/Azzis Zulkhairil

Emil mengatakan, selama perayaan tahun baru Imlek 2571 di Jabar, semua vihara sudah dilakukan monitoring dan berjalan normal tidak ada hambatan. Hal tersebut diartikan dia, masyarakat Jabar sudah bisa menjaga kondusifitas

"Saya sudah monitor di 27 daerah semua berlangsung dengan kabar baik. Itu menandakan kami sangat mengapresiasi, menjaga kondusivitas kegiatan yang lagi berlangsung di tahun baru ini," ungkapnya.

Baca Juga: Diperiksa Polda Jabar, Ketua Sunda Empire Tegaskan Eksistensinya

2. Emil ingin masyarakat Jabar saling menghargai umat beragama

Rayakan Imlek, Gubernur Emil: Utamakan Nilai Pancasila di JabarIDN Times/Azzis Zulkhairil

Lebih lanjut, Emil berharap, setiap perayaan hari raya umat beragama, warga Jabar memiliki hak yang sama. Sehingga ke depan rasa persaudaraan dalam perbedan bisa terus terjalin di tengah masyarakat Jabar.

"Terpenting damai-damai saja, semua warga Jabar punya hak untuk jalani ibadah masing-masing. Kita hormati hargai jangan sampai ada gangguan," tuturnya.

Baca Juga: Sekjen Sunda Empire: Kekaisaraan Sunda Lebih Tinggi dari PBB

Baca Juga: Dinilai Ubah Sejarah, Roy Suryo Laporkan Sunda Empire ke Polisi

3. Polrestabes Bandung berharap perayan hari raya Imlek berjalan kondusif

Rayakan Imlek, Gubernur Emil: Utamakan Nilai Pancasila di JabarIDN Times/Azzis Zulkhairil

Dijumpai di tempat yang sama, Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Irman Sugema mengatakan, pada seluruh masyarakat Kota Bandung diminta tetap jaga kondusivitas dan toleransi antar umat beragama.

"Ada 12 vihara hari kemarin, 13 hari ini, kami aparat kepolisian Polrestabes Bandung menempatkan personel di tempat-tempat ibadah untuk memberikan rasa aman dan nyaman terutama bagi yang mau beribadah dan rayakan imlek," kata Irman.

Baca Juga: Keluarga Besar Lina Jubaedah Izinkan Polisi Bongkar Makam Lina

4. Polrestabes terjunkan ratusan polisi untuk turut menjaga Vihara di Bandung

Rayakan Imlek, Gubernur Emil: Utamakan Nilai Pancasila di JabarIDN Times/Azzis Zulkhairil

Selain itu, Irman menyebut, Polrestabes Bandung telah menerjunkan ratusan personel untuk membantu penjagaan perayaan hari besar Imlek di Kota Bandung. Ia pun berharap agar semua kondusif dan berjalan lancar.

"Kami Polrestabes Bandung ucapkan gong xi fat cai, mudah-mudahaan toleransi di kota bandung tetap terjaga dan kondusif," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya