Ramadan 2021, Vaksinasi COVID-19 di Kota Bandung Tetap Digelar

Penerima tetap diizinkan diberikan dosis vaksin meski puasa

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Bandung akan tetap menggelar vaksinasi pada ramadan 2021 dengan peraturan seperti kondisi normal. Hal ini berlaku juga bagi penerima vaksin yang tengah menjalani ibadah puasa.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr Rosye Arosdiani mengatakan, mereka yang tengah menjalani ibadah puasa akan tetap diberikan suntikan vaksin.

"Pada vaksinasi bulan ramadan ini tidak ada yang khusus atau berbeda, jadi sama dengan pelaksanaan vaksinasi pada umumnya," ujar Rosye di Balai Kota Bandung, Selasa (6/4/2021).

1. Prosedur vaksin akan disesuaikan seperti kondisi normal

Ramadan 2021, Vaksinasi COVID-19 di Kota Bandung Tetap DigelarIlustrasi vaksin atau jarum suntik. IDN Times/Arief Rahmat

Pemerima vaksin akan tetap melalui beberapa prosedur seperti screening kesehatan, cek tensi darah dan beberapa peraturan seperti biasanya. Penyuntikan vaksin pada malam hari juga belum pasti akan diterapkan.

"Ini di bulan ramadan, tetapi kalaupun nanti ada faskes yang mengajukan untuk membuka di malam hari itu mungkin bisa kita pertimbangkan gitu," ungkapnya.

2. Puasa tidak menghalangi vaksin

Ramadan 2021, Vaksinasi COVID-19 di Kota Bandung Tetap DigelarIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga sampai saat ini, Dinkes Kota Bandung juga belum mendapatkan usulan dari masyarakat untuk menggelar vaksinasi pada malam hari. Menurutnya, tidak menjadi masalah ketika ibadah puasa tetap diberikan suntikan vaksin.

"Belum ada usulan sampai sekarang, memang kami pun tidak ada persiapan khusus, belum sampai ke sana," jelasnya.

3. Faskes bisa mengajukan jadwal vaksinasi pada malam hari

Ramadan 2021, Vaksinasi COVID-19 di Kota Bandung Tetap DigelarIlustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun jika nantinya ada fasilitas kesehatan yang mengajukan untuk penyuntikan vaksin pada malam hari. Menurut dia, hal ini kondisional dan bisa langsung mengajukan pada Dinkes Kota Bandung.

"Kalau misalnya sanggup memenuhi persyaratan sebetulnya tidak menjadi permasalahan gitu, tidak menutup kemungkinan itu dilaksanakan," katanya.

4. Tidak ada pembatasan waktu vaksinasi

Ramadan 2021, Vaksinasi COVID-19 di Kota Bandung Tetap DigelarPetugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Selama ramadan ini vaksinasi di Kota Bandung akan tetap berjalan seperti kondisi biasa. Perubahan waktu penyuntikan tidak akan berubah. Faskes di Kota Bandung tetap melayani penyuntikan vaksin pada pagi dan siang hari.

"Kita sesuai jadwal saja, kita tidak dibatasi sampai tanggal berapa, ketika misalnya jatuhnya pas hari raya, sama kemarin juga ada yg jatuhnya pas hari libur, itu kita majukan, dibandingkan mundur, lebih baik dimajukan," kata dia.

Baca Juga: Api Kilang Balongan Padam, Polda Jabar Lakukan Olah TKP

Baca Juga: Selalu Jadi Kontroversi, Kisah Berliku Perjalanan Asmara Aa Gym

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya