Puncak Arus Mudik Jabodetabek Diprediksi Mulai 6 April 2024

Kendaraan mulai penuhi jalan pada H-5 lebaran

Bandung, IDN Times - PT Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Idul Fitri 2024 di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) terjadi pada H-5 lebaran. Sementara untuk puncak arus balik diprediksi bakal terjadi pada 15 April 2024.

"Untuk arus mudik, puncaknya diprediksi terjadi pada tanggal 6 April 2024, di tanggal itu peningkatan kedatangan mulai terjadi. Kalau arus balik tanggal 15 April 3024," ujar Senior General Manager, Jasa Marga Metropolitan Toll Road Regional Division, Widiyatmoko, Sabtu (23/3/2024).

1. Jasa Marga persiapkan infrastruktur mudik

Puncak Arus Mudik Jabodetabek Diprediksi Mulai 6 April 2024Ilustrasi jalan tol (ciconstructors.com)

Untuk menyambut para pemudik, Widiyatmoko mengatakan, Jasa Marga kini terus mengebut infrastruktur pendukung seperti perbaikan jalan dan pemenuhan kebutuhan kelancaran untuk lalu lintas jalan lainnya. Dia memastikan, hal itu akan selesai pada H-10 sebelum mudik.

"Perbaikan jalan seperti diketahui kalau melintas Tol Cipularang dan Padaleunyi banyak sekali proses rekonstruksi, perbaikan yang sedang kami lakukan untuk mempercepat penanganan. Ini bisa selesai paling tidak sampai H-10 sudah siap," katanya.

2. Perbaikan jalan dipastikan selesai sesuai target

Puncak Arus Mudik Jabodetabek Diprediksi Mulai 6 April 2024Ilustrasi mudik jalur darat (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Widiyatmoko menuturkan, seluruh perbaikan jalan ini sudah berjalan maksimal, dan tidak mengalami banyak kendala yang serius. Sehingga, dia meyakini, perbaikan akan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

"Kalau yang perbaikan major itu sudah mendekati harusnya tinggal 80 persen, 20 persen untuk setting rigid dan juga nanti untuk finalisasi peralihan lokasi kerja serta ada juga peralihan lain yang tinggal sedikit lagi dapat dilaksanakan," katanya.

3. Rekayasa lalu lintas tol juga telah disiapkan

Puncak Arus Mudik Jabodetabek Diprediksi Mulai 6 April 2024Istimewa/ lalu lintas di Tol Cipali

Sementara, Jasa Marga juga akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas saat arus mudik dan arus balik lebaran 2024. Dia mengatakan, rekayasa lalu lintas akan terjadi di ruas Tol Cipularang.

"Tol Cipularang kami mempersiapkan contraflow. Kemudian kanalisasi kendaraan di Tol Pasteur karena jarak antara gerbang tol arah Jakarta dan simpang Baros sangat dekat, nanti akan kami prioritaskan bila terjadi kemacetan," kata Widiyatmoko.

Kemudian, arah Tol Padaleunyi akan diterapkan sistem buka tutup untuk dilakukan pengurangan kendaraan dari arah Pasteur menuju Jakarta. Jika kondisi membaik, dia mengatakan, sistem buka tutup akan dicabut.

"Kilometer 125 pada saat kondisi Magrib dan Isya kendaraan banyak karena mengisi BBM. Nah ini akan lakukan buka tutup namun jika terjadi arus lalu lintas yang crowded nanti dari tim Jasa Marga akan menyiapkan contraflow dari kilometer 129 sampai 124," katanya.

Baca Juga: Polda Jabar Tangkap Dua Bandar Togel di Kota Bandung  

Baca Juga: ASN Pemprov Jabar Dilarang Bawa Kendaraan ke Gedung Sate Setiap Jumat

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya