PT Agro Jabar Terapkan Food Ecosystem Financing Kelola PDP

Pengelolaan bakal menggunakan platform digital

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) jadi yang pertama memiliki Pusat Distribusi Provinsi (PDP). Gudang yang akan menyimpan cadangan semua komoditas pangan ini akan dikelola oleh BUMD, PT Agro Jabar.

Direktur Utama PT Agro Jabar, Nurfais Almubarok mengatakan, konsep bisnis yang akan dilakukan dalam mengelola Pusat Distribusi Provinsi melalui Platform Digital yang mengintegrasikan supply chain management dan jaringan distribusi dengan sistem otorisasi bersama BJB dan PT Jamkrida.

"Pengelolaan akan menggunakan model bisnis “Food Ecosystem Financing” yang akan menjamin end to end bisnis pelaku dan cash to cash transaksi yang terukur serta terpercaya secara cashless, sehingga menjamin PT Agro Jabar menjalankan GCG dengan baik," ujar Nurfaris melalui keterangan resmi, Kamis (26/1/2023).

1. PDP mengatasi defisit kebutuhan pokok di Jabar

PT Agro Jabar Terapkan Food Ecosystem Financing Kelola PDP(Istimewa)

Nurfais menjelaskan, PT Agro Jabar saat ini sedang berjuang untuk menjadi Distributor Pertama (D1) untuk komoditas minyak goreng, kedelai, gula konsumsi, gula rafinasi (untuk UKM industri) dan produk-produk frozen berupa daging dan ikan.

Adapun hal ini dilakukan guna mengatasi defisit kebutuhan pokok di Jabar dengan harga yang kompetitif dan efisien.

"Kami berharap kepada seluruh pemangku kebijakan di Jabar mendukung secara serius model pengelolaan pangan dengan kebijakan yang berpihak kepada petani dan seluruh pelaku khususnya BUMD di Kabupaten dan PT Agro Jabar," ungkapnya.

2. Badan Pangan Nasional apresiasi PDP

PT Agro Jabar Terapkan Food Ecosystem Financing Kelola PDPIlustrasi bahan makanan (IDN Times/Irma Yudistirani)

Sedangkan, Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional atau NFA, Sarwo Edhy mengambut baik adanya PDP ini. Dia mengatakan, program pembangunan fasilitas distribusi pangan ini dapat menjadi percontohan, sehingga diharapkan bisa dibangun di banyak tempat sebagai penyangga pangan provinsi dan nasional.

"Kami mengapresiasi pembangunan PDP ini, pembangunan pusat distribusi ini sejalan dengan tujuan dan tugas NFA dalam menjamin ketersediaan pangan. Apabila pangan daerah kuat maka pangan nasional pun akan kuat," katanya.

3. Ridwan Kamil berharap PDP dapat membantu menyetabilkan harga

PT Agro Jabar Terapkan Food Ecosystem Financing Kelola PDPGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Untuk diketahui, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil telah meresmikan Gudang Pusat Distribusi Provinsi (PDP) yang berada di Kabupaten Purwakarta pada Rabu (25/1/2023) kemarin.

Pusat Distribusi Provinsi (PDP) Jabar nantinya akan menyimpan cadangan semua komoditas pangan yang jadi kebutuhan warga. Sejalan dengan Perda No 1 Tahun 2020 tentang fungsi Pusat Distribusi Provinsi yaitu; Distribusi, Stabilisasi, dan Kontirbusi

Tujuan utama PDP adalah stabilisasi harga bahan pokok dengan cara mengintervensi ketika ada kenaikan. PDP akan langsung mendistribusikan bahan pangan ke daerah di Jabar yang terjadi kenaikan harga. Dengan begitu, inflasi dapat dikendalikan.

PDP juga akan menyimpan cadangan semua komoditas pangan yang jadi kebutuhan warga. "Hari ini pertama di Indonesia, Jabar punya pusat distribusi provinsi, nanti semua komoditas pangan yang jadi kebutuhan warga cadangannya kita simpan di sini," kata Emil

Baca Juga: Komedian Komeng Nyalon di Pemilihan DPD RI Asal Jabar

Baca Juga: Potong Alur Distribusi, PDP Jabar Diminta Jaga Harga Pangan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya