PSI Buka Peluang Dorong Bro Giring Maju Pilgub Jawa Barat

PSI Jabar menunggu pinangan partai lain di Pilgub Jabar

Bandung, IDN Times - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jawa Barat (Jabar) siap mendorong Giring Ganesha Djumaryo maju di Pilgub Jabar. Partai berlambang bunga mawar putih ini siap mendukung penuh Giring jika ada partai lain yang meminta berkoalisi.

Ketua DPW PSI Jawa Barat Marshall Chandra mengatakan, partainya kini hanya memiliki satu kursi di DPRD Jawa Barat. Artinya PSI tidak bisa mengusung calon Gubernur di Pilgub. Namun, dia memastikan siap mendukung kadernya jika ada partai lain yang meminta.

"Kalau nawarin calon internal belum. Tapi kalau ada (yang minta Giring) bagus banget, kita dukung aja. Dengan catatan ada keinginan dari partai lain, kita kan kursi (DPRD) cuma satu kalau ada mau dengan senang hati," ujar Marshall saat dikonfirmasi, Senin (22/4/2024).

1. Giring bisa disodorkan jika ada yang meminang

PSI Buka Peluang Dorong Bro Giring Maju Pilgub Jawa BaratBos Pakuwon Sutandi berjaket PSI bersama Giring dan kader PSI lainnya gelar flash mob untuk gaet suara Prabowo - Gibran. Dok. PSI Jatim.

Marshall mengaku kini partainya tengah menjalan komunikasi dengan Partai Golkar, komunikasi ini juga dijalin lantaran PSI kini satu fraksi di DPRD Jawa Barat dengan partai berlambang beringin itu.

Meski begitu, untuk urusan Pilgub, Marshall memastikan akan menjalin komunikasi dengan partai lainnya termasuk pemenang Pileg Jabar 2024, yaitu Partai Gerindra.

"Kalau Gerindra dan Golkar (Meminta), bisa juga kalau dorong Bro Giring. Kita kalau ada kader yang mau maju kita dukung," katanya.

2. Giring peroleh suara besar di Pileg 2024

PSI Buka Peluang Dorong Bro Giring Maju Pilgub Jawa Baratilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Pada Pileg 2024, Giring sendiri maju untuk DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Barat I meliputi Kota Bandung dan Cimahi. Perolehan suaranya sendiri cukup besar, namun tidak lolos karena pantainya tidak melebihi ambang batas.

Meski begitu, Marshall memastikan siap mendukung jika ada partai lain yang meminang Giring untuk di Pilgub Jawa Barat.

"Kalau kita lihat, kemarin suara Bro Giring di Pileg juga lumayan. Kami siap mendukung," kata dia.

3. Golkar dorong Ridwan Kamil untuk maju kembali di Pilgub Jabar

PSI Buka Peluang Dorong Bro Giring Maju Pilgub Jawa BaratIlustrasi Pilkada Serentak 2024 (ANTARA/Afif/fqh)

Sementara, Partai Golkar sendiri masih belum menentukan siapa kader yang akan diusung untuk Pilgub Jawa Barat 2024. Namun, mantan gubernur Ridwan Kamil didorong untuk kembali maju bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Jawa Barat ini.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Barat, Tubagus Ace Hasan Syadzily.

"Jadi tentu kami selagi belum ada perubahan dari DPP, hingga saat ini masih konsisten mendorong Pak Ridwan Kamil untuk menjadi calon gubernur dari Partai Golkar dalam pilkada di Jawa Barat," ujar Ace, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: PPP Lirik Tokoh Lain Selain Uu di Pilgub Jabar 2024

Baca Juga: Deretan Tokoh Jagoan PDIP Masuk Radar Pilgub Jabar 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya