Profil Pj Walkot Bandung Bambang Tirtoyuliono, Satu Kampus dengan RK

Bambang akan dilantik Rabu pekan depan

Bandung, IDN Times - Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Provinsi Jabar, Bambang Tirtoyuliono resmi dipilih sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung menggantikan Yana Mulyana. Dia akan dilantik pada Rabu (20/9/2023).

Keputusan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri (Kepmendagri) Nomor 100.2.1.3-3740 Tahun 2023 tentang Penetapan Penjabat Wali Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Tanggal 7 September 2023.

Lalu bagaimana sosok Pj Wali Kota Bandung terbaru ini? Berikut IDN Times rangkum dari berbagai sumber:

1. Bambangan alumni SMAN 5 Bandung

Profil Pj Walkot Bandung Bambang Tirtoyuliono, Satu Kampus dengan RKKepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono alias Abenk (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bambang Tirtoyuliono merupakan pria kelahiran 10 Juli 1966 di Kota Bandung. Dia menempuh pendidikan di SMAN 5 Bandung (1986), lalu melanjutkan studi S1 Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung (1992), dan S2 Manajemen Sumber Daya Manusia, Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta (2010).

Selama menjadi ASN Pemprov Jabar, pria yang akrab dengan panggilan Abenk ini pernah menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar pada 2020-2021. Selain itu, dia juga pernah menjabat Penjabat Sementara (Pjs) Kabupaten Indramayu pada 2020 lalu.

Abenk juga pernah mendapatkan Penghargaan Satya Lencana, Karya Satya 20 tahun dari Presiden Joko Widodo.

2. Abenk sempat mencicipi berbagai jabatan strategis di Pemprov Jabar

Profil Pj Walkot Bandung Bambang Tirtoyuliono, Satu Kampus dengan RKKepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono alias Abenk (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Abenk diketahui pernah beberapa kali duduk di jabatan yang cukup penting di Pemprov Jawa Barat. Misalnya, ia pernah menjabat sebagai Kepala Subbagian Pertambangan Pada Bagian Pertambangan dan Energi Biro Bina Produksi Sekretariat Daerah (2003), hingga Kepala Subbagian Kehutanan Pada Bagian Bina Kehutanan dan Perkebunan Biro Bina Produksi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat (2009).

Kemudian, Abenk pernah duduk sebagai Sekretaris Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jawa Barat (2012). Di sisi lain, ia juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat (2015).

3. Abenk sempat jadi komisaris BUMD Jabar

Profil Pj Walkot Bandung Bambang Tirtoyuliono, Satu Kampus dengan RKDokumen Dinas Desa Pemprov Jabar

Tidak hanya itu, Abenk juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat (2016) dan Kepala Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Jawa Barat (2019).

Terakhir, dia sempat memiliki posisi yang cukup mentereng di PT. Migas Hulu Jabar ONWJ, yakni sebagai Komisaris. Kini, Bambang Tirtoyuliono menjabat sebagai Pj Wali Kota Bandung sejak Sepember 2023 hingga Februari 2024 mendatang.

Baca Juga: Postingan Perbaikan Jalan Ridwan Kamil Disoal, DBMPR Beri Penjelasan

Baca Juga: DBMPR Jabar Dapat Anggaran Rp1 T untuk Penataan Infrastruktur di 2023 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya