Prof Asep Warlan Wafat, Ridwan Kamil: Beliau Sosok Inspiratif

Asep Warlan banyak bantu Ridwan Kamil mengurus Jabar

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil turut menyampaikan duka atas wafatnya Guru Besar dari Universitas Katolik Parahyangan Prof. Dr. Asep Warlan pada Selasa (15/3/2022), pukul 11.30 WIB.

Sosok almarhum di mata orang nomor satu di Jabar ini bukan hanya dosen biasa. Emil mengatakan, Asep Warlan merupakan sosok intelektual yang banyak menginspirasi warga Jabar khususnya Bandung Raya.

"Kami sangat kehilangan salah satu tokoh di Jawa Barat. Jasa-jasanya sangat luar biasa kepada kami, khususnya kepada Provinsi Jawa Barat," ujar Emil melalui keterangan resminya, Rabu (16/3/2022).

1. Asep Warlan masuk jajaran penasehat Gubernur

Prof Asep Warlan Wafat, Ridwan Kamil: Beliau Sosok Inspiratifhttps://mediaparahyangan.com

Emil bilang bahwa ia sangat merasa kehilangan atas kepergian almarhum. Selama beberapa waktu ke belakang, ia mengaku banyak mendapat bantuan dari Asep utamanya urusan di Jabar.

"Almarhum juga sebagai Tim Penasihat  Gubernur (Jabar). Kami berduka cita sangat mendalam. Semoga diterima iman Islamnya dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran," ucapnya.

2. Emil berharap ada sosok pengganti almarhum

Prof Asep Warlan Wafat, Ridwan Kamil: Beliau Sosok Inspiratif ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Emil berharap, jasa dan gagasan almarhum yang pernah disumbangkan untuk masyarakat Jabar bisa dapat terjaga dan semakin banyak anak muda yang mengikuti jejak-jejaknya, terutama dalam jalur akademisi.

"Mudah-mudahan ada sosok pengganti beliau, yang menjadi inspirasi buat kaum intelektual," kata dia.

3. Unpar kehilangan atas wafatnya almarhum

Prof Asep Warlan Wafat, Ridwan Kamil: Beliau Sosok InspiratifIDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya, Rektor UNPAR, Mangadar Situmorang mengungkapkan dukacita atas kepulangan Prof. Asep Warlan. UNPAR kehilangan atas kepergian almarhum.

"Prof. Asep merupakan seorang guru besar, intelektual, dan cendekiawan ilmu hukum yang sangat cerdas, piawai, sekaligus sangat bersahabat. Beliau merupakan figur cendekiawan yang tidak saja berkutat dengan tugas pengajaran dan pendidikan," ujar Rektor dalam keterangan resminya, Selasa (15/3/2022).

Rektor bilang, Prof. Asep juga adalah seorang peneliti dan pegiat akademik yang sangat suka berbagai melalui berbagai forum akademik, baik di tingkat Jawa Barat maupun secara nasional. Prof. Asep memiliki jejaring kerja yang sangat luas dan teman dan sahabat beliau ada dimana-mana, lintas ilmu, lintas organisasi, lintas agama dan dan lintas etnis.

"Beliau adalah seorang ilmuan hukum yang sangat cerdas, kritis, tetapi tetap terbuka dan menghargai berbagai ragam perbedaan pendapat. Pendapat hukumnya atas berbagai isu kenegaraan, politik dan pembangunan sangat dinanti oleh banyak pihak dan menjadi sumber pencerahan," kata dia.

Baca Juga: Pakar Tata Negara Unpar Asep Warlan Meninggal Dunia

Baca Juga: Prof Asep Warlan Meninggal Dunia: Sosok Rendah Hati, Ramah dan Kental Budaya Sunda 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya