Produksi Pertanian Menurun, Harga Cabai di Jabar Meroket

Produksi pertanian cabai terus mengalami penurunan

Bandung, IDN Times - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat mengungkapkan penyebab meningkatnya harga cabai di beberapa kabupaten dan kota. Kondisi peningkatan ini terjadi karena produksi pertanian yang menurun.

Kepala Disperindag Jawa Barat, Noneng Komara Ningsih mengatakan, penurunan produksi pertanian itu terjadi karena faktor cuaca, sehingga hasil panen cabai dari petani belum maksimal.

"Ya harga pada naik. Kondisinya kan seperti sekarang pasti kan produksinya menurun, iya karena iklim salah satunya," ujar Noneng, Senin (6/11/2023).

1. Disperindag Jabar klaim kenaikan tidak di atas Rp100 ribu

Produksi Pertanian Menurun, Harga Cabai di Jabar Meroketilustrasi mencuci cabai (vecteezy.com/seksanwangjaisuk565138)

Meski begitu, Noneng mengklaim kenaikan harga cabai tidak menyentuh angka Rp100 ribu per kilogram. Berdasarkan data yang dimilikinya, untuk cabai merah keriting naik 55 persen dari Rp49 ribu menjadi Rp76 ribu.

"Sementara cabai merah biasa itu 10,52 persen dari Rp57 ribu jadi Rp 63 ribu, cabai rawit hijau 40,81 persen dari Rp49 ribu jadi Rp 69 ribu, dan cabai rawit merah 83 persen dari Rp53 riby jadi Rp94 ribu. Jadi tidak ada yang sampai Rp100 ribu," ucapnya.

2. Disperindag Jabar bakal berkoordinasi dengan DKPP

Produksi Pertanian Menurun, Harga Cabai di Jabar Meroketilustrasi mencampur cabai rawit dan keriting (vecteezy.com/Bigc Studio)

Noneng mengatakan, Disperindag Jabar akan terus melakukan pemantauan harga khusunya cabai di sejumlah pasar, agar tidak terus mengalami kenaikan. Kemudian koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) juga akan dilakukan.

"Kami ke depan ada antisipasi untuk cabai itu sendiri, tapi kalau sekarang untuk bapok (bahan pokok), ini beralih ke DKPP. Tapi kalau pemantauan harga, itu kita masih pantau, dan mungkin juga nanti ada tindakan dalam waktu dekat ini," kata dia.

3. Harga cabai di Cimahi dan Bandung sampai Rp100 ribu

Produksi Pertanian Menurun, Harga Cabai di Jabar Meroketilustrasi komoditas cabai di pasar tradisional. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Untuk diketahui, harga cabai di beberapa daerah Jawa Barat mengalami kenaikan selama pekan kemarin. Seperti di di Pasar Kosambi Kota Bandung, harga cabai rawit merah naik dari Rp60 ribu per kilogram menjadi Rp100 per kilogram, cabai merah tanjung dan cabai keriting merah naik dari Rp60 ribu per kilogram menjadi Rp80 ribu per kilogram.

Sedangkan di Pasar Cimahi, harga cabai rawit merah mencapai Rp90 ribu per kilogram, cabe keriting merah Rp80 ribu per kilogram naik sebesar Rp5 ribu karena sebelumnya Rp75 ribu. Kemudian, cabe rawit hijau naik Rp5 ribu yakni dari Rp65 ribu menjadi Rp70 ribu.

Baca Juga: Dinas Pertanian Lombok Tengah Dukung BPS Lakukan Sensus Pertanian

Baca Juga: Harga Cabai Capai Rp90 Ribu, Kadisdag: Hanya Satu Dua Bulan Saja

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya