Produk Petani Millenial Jabar Mulai Dipasarkan ke Gerai Modern

Gerai di toko modern diharapkan bisa membangkitkan pembeli

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mulai menyalurkan produk program petani millenial ke gerai modern, tepatnya di Cihampelas Walk (Ciwalk). Para petani kini diperkenankan menjual semua hasil taninya.

Kehadiran Gerai Petani Milenial ini diharapkan memacu semangat para petani milenial untuk meningkatkan produktivitasnya karena hasil panennya masuk ke pasar premium. 

Plh. Sekda Provinsi Jabar Dewi Sartika mengungkapkan, Gerai Petani Milenial sesuai dengan harapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sejak awal mempunyai misi mencetak petani muda yang produknya bisa dipasarkan.

"Jadi kita tidak hanya membentuk para petani milenial saja, melainkan juga kita bina, (kasih) bantuan modal, termasuk pemasaran. Nah, gerai ini wujud nyata dari fasilitasi pemasarannya," ujar Dewi di Ciwalk Bandung, seusai peresmian Gerai Petani Milenial, di Bandung, diikutip Sabtu (10/12/2022).

1. Disperindag Jabar bersyukur ada gerai di toko ritel modern

Produk Petani Millenial Jabar Mulai Dipasarkan ke Gerai ModernIendra Sofyan, Kepala Disperindag Jabar (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Sedangkan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Iendra Sofyan mengatakan, produk program petani millenial ini beragam seperti madu, kopi, gula aren, abon, dan jus jeruk nipis.

"Hari ini alhamdulillah kita meresmikan Gerai Petani Milenial, produk-produk petani milenial yang sudah dilatih sejak tahun 2019," ungkap Iendra.

2. Lokasi Ciwalk dipilih karena lebih strategis

Produk Petani Millenial Jabar Mulai Dipasarkan ke Gerai ModernKepala Disperindag Jabar, Iendra Sofyan (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Iendra mengatakan kehadiran Gerai Petani Milenial adalah hasil kolaborasi dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang didukung oleh DPRD hingga pembeli. Adapun total Gerai Petani Milenial tersebut ada di tiga lokasi pertama di Cihampelas Walk Bandung, Stasiun Kereta Api, dan Botani Square Bogor.

"Kami sengaja memilih di lokasi yang sangat strategis yaitu yang bisa langsung dilihat oleh para calon pembeli atau konsumen. Ini salah satu keuntungannya," ungkapnya.

3. Hadir di gerai toko ritel modern sebagai bukti petani millenial berdaya

Produk Petani Millenial Jabar Mulai Dipasarkan ke Gerai ModernKepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Iendra Sofyan (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Produk Petani Milenial yang ditampilkan di gerai tersebut telah dikurasi oleh OPD terkait dibantu Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

"Tidak semua produknya bisa masuk ke sini karena sudah melalui hasil kurasi, bahkan yang mengurasinya itu dibantu atau mengundang dari Aprindo," kata dia.

Dengan hadirnya produk dari Petani Milenial di gerai tersebut, kata Iendra, menunjukkan bahwa produk mereka sudah bisa dipasarkan dan bersaingan dengan produk dari pengusaha lainnya.

Baca Juga: Disperindag Jabar Surati Perusahaan Bantuan Korban Gempa Cianjur! 

Baca Juga: Harga BBM Naik, Disperindag Jabar Bakal Bantu Sektor Transportasi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya