Prabowo Subianto Sempat Nyanyi Mars Siliwangi Sebelum Solihin GP Wafat

Prabowo jenguk almarhum bersama Jenderal Dudung

Bandung, IDN Times - Mantan Gubernur Jawa Barat periode 1970-1975 Letnan Jenderal TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara alias Solihin GP meninggal di Rumah Sakit Advent, Kota Bandung, Selasa (5/3/2024) pukul 02:45 WIB.

Almarhum meninggal setelah sebelumnya dirawat selama 12 hari karena mengalami sakit. Sebelum almarhum meninggal, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ternyata sempat menjenguk Solihin GP di Rumah Sakit Advent.

"Iya Pak Prabowo sempat jenguk minggu lalu bersama Pak Dudung hari Kamis ada Iwan Bule beliau berkenan hadir, alhamdulillah kehormatan bagi kami," ujar anak ketiga dari Solihin GP, Satria Kamal saat ditemui di Markas Kodam III/Siliwangi.

Saat menjenguk, Prabowo, Mantan Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal (Purn) Dudung Abdurachman, serta beberapa rombongan lainnya turut melantunkan Mars Siliwangi.

"Pak Prabowo, Pak Dudung Mayor Tedy ada Iwan Bule, ada petinggi militer juga mereka bersama menyanyikan Mars Siliwangi karena mereka tahu beliau tumbuh di Silwangi mungkin mencoba menumbuhkan kembali memori dan semangat dengan Mars Siliwangi," kata Kamal.

Ia sendiri tidak mengetahui ada pesan apa saja yang disampaikan Prabowo Subianto saat menjenguk. Hal itu dikarenakan, Menteri Pertahanan bersama rombongannya datang pada saat keluarga tidak ada di lokasi.

"Tidak ada cuma sepengetahuan kami dengar dari perawat yang ada beliau datang memang tidak di jam jenguk, jadi tidak ada keluarga di situ," kata dia.

Untuk diketahui, jenazah mendiang rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra Bandung pada pukul 13.30 WIB. Bagi warga yang ingin mengampaikan duka juga bisa memberikan penghormatan di Markas Kodam III/Siliwangi Jalan Sumbawa pada pukul 09.30-12.30 WIB.

Sebagai informasi, Almarhum Letnan Jenderal TNI (Purn.) Solihin Gautama Purwanegara lahir 21 Juli 1926. Ia adalah mantan perwira Tentara Nasional Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dari 1970 sampai 1975.

Dia mengawali karier militer ketika masa revolusi sebagai Komandan Tentara Keamanan Rakyat Kabupaten Bogor, kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi. Salah satu kiprahnya yang mencuat, yakni ketika ia mengatasi krisis pangan di Indramayu dengan memasyarakatkan padi yang disebut dengan gogo rancah.

Dia juga dikenal sebagai sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS). Mang Ihin juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Persib Bandung.

Baca Juga: Meninggal Dunia, Ini Profil Solihin GP atau Lebih Dikenal Mang Ihin

Baca Juga: Bey Machmudin: Solihin GP Meninggal Dunia karena Sakit

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya