PPEI Dorong Produsen Liquid Vape Patuhi Regulasi Pemasaran

PPEI sepakati regulasi dan tanggung jawab ke masyarakat

Bandung, IDN Times - Perkumpulan Pengusaha E-Liquid Indonesia (PPEI) mendorong para produsen liquid mematuhi aturan dan turut bertanggung jawab pada masyarakat selama melakukan promosi. Aspek edukasi kesehatan juga harus ditonjolkan.

Ketua Umum PPEI, Daniel Boy Purwanto mengatakan, dorongan ini sudah disepakati dan tertuang dalam pakta integritas yang diteken oleh pengurus saat Musyawarah Nasional PPEI.

"Komitmen ini diharapkan bisa menjadi jawaban atas tantangan yang dihadapi. Banyak produsen dari luar masuk ke Indonesia. Ini cukup menjadi concern kami. Artinya, daya saing ke depan harus lebih siap," ujar Daniel, dikutip Selasa (8/8/2023).

1. PPEI akan menajamkan program kerja yang tertuang dalam pakta integritas

PPEI Dorong Produsen Liquid Vape Patuhi Regulasi Pemasaran(Istimewa)

Kemudian, Ketua Bidang kesekretariatan PPEI, Jimmy Muhamad mengatakan, pakta integritas itu akan menjadi panduan organisasi dalam menyusun program kerja organisasi. Sehingga, ke depan organisasinya tidak akan kehilangan arah.

"Ke depannya, menajamkan sinergi dengan pihak terkait, seperti pemerintah. Kami perlu menjaga agar member (produsen liquid) bisa menjadi raja di negara sendiri hingga bisa dilihat sebagai barometer di dunia," tuturnya.

2. PPEI punya anggota yang solid dan kompak

PPEI Dorong Produsen Liquid Vape Patuhi Regulasi Pemasaran(Istimewa)

Sedangkan, Wakil Ketua Umum PPEI, Agung Subroto menambahkan, sebagai organisasi yang baru. Setiap pelaku atau produsen yang mayoritas masih kategori UMKM, termasuk organisasi masih perlu banyak belajar dalam membangun industri yang baik dari segala aspek.

Setelah berjalan lima tahun, potensinya meningkat. Growth-nya 24 sampai 25 persen per tahun. Ini bagus untuk sebuah industri yang baru. Kami sebagai asosiasi punya kewajiban menjaga agar industri berkembang,” tutur dia.

"Kami berasal dari komunitas yang sudah aktif berkumpul sejak tahun 2018. Sekarang launching dan munas. Kami punya anggota dan pengurus yang bisa saling support agar visi membangun industri ini tidak berhenti di tengah jalan," katanya.

3. Berharap organisasi ini dapat mendorong pelaku UMKM

PPEI Dorong Produsen Liquid Vape Patuhi Regulasi PemasaranIlustrasi UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kemudian, influencer Vernand Hula Hula berharap, organisasi PPEI ini bisa memperkuat para pelaku yang berada di industri vape. Keberadaan organisasi ini juga dipercayainya dapat memajukan produsen liquid dalam negeri.

"Harapannya semoga perkumpulan ini mensupport UMKM dan teman-teman yang tidak memiliki jalur informasi regulasi atau melakukan mediasi dengan stakeholder. PPEI ini semoga bisa mewakili kepentingan orang banyak," kata dia.

Baca Juga: 5 Cara Mengaplikasikan Liquid Blush, Bikin Pipi Merona!

Baca Juga: EVALI, Penyakit Pernapasan Serius akibat Vape

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya