Pleno KPU Jabar: Komeng Sah Jadi Senator Asal Jawa Barat!

Suara sah Komeng di Jawa Barat mencapai lima juta lebih

Bandung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat resmi menetapkan perhitungan suara tingkat provinsi untuk pemilihan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat.

Dari 50 calon anggota DPD RI Dapil Jawa Barat ada lima orang yang meraih sura tertinggi, meski kuota kursi yang disediakan KPU pusat untuk DPD RI Dapil Jawa Barat hanya empat. Sehingga dari lima orang dengan suara tertinggi itu nantinya akan dipilih empat orang.

1. Komeng kantongi tiket ke Senayan

Pleno KPU Jabar: Komeng Sah Jadi Senator Asal Jawa Barat!(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara tingkat Provinsi Jawa Barat, surat terbanyak di urutan pertama adalah Alfiansyah Komeng. Pelawak senior ini memiliki suara sah mencapai lima juta dari 27 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat.

"Suara Alfiansyah Komeng sebanyak 5.399.699," kata Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Jawa Barat, Ahmad Nur Hidayat saat membacakan rekapitulasi suara DPD RI Dapil Jawa Barat, di kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (18/3/2024).

Dengan meraih suara 5.399.699, Komeng dipastikan menjadi calon DPD RI dengan suara terbanyak. Setelah itu, ada Aanya Rina Casmayanti, dengan perolehan suara sebanyak 1.976.561.

2. Jihan Fahira juga kantongi satu kursi

Pleno KPU Jabar: Komeng Sah Jadi Senator Asal Jawa Barat!(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian artis senior Jihan Fahira dipastikan perolehan suara sebanyak 1.823.907. Istri dari politik PAN, Primus Yustisio ini dipastikan sudah mengantongi kursi untuk duduk sebagai senator asal Jawa Barat.

Setela Jihan Fahira ada juga Agita Nurfianti. Dia mampu meraih suara sebanyak 1.168.837. Dengan demikian Aceng Fikri yang memperoleh suara sebanyak 1.128.912, kalah dari Agita.

3. Ada lima caleg DPD RI Dapil Jabar dengan suara terbanyak

Pleno KPU Jabar: Komeng Sah Jadi Senator Asal Jawa Barat!(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Ahmad Nur Hidayat menegaskan, KPU Jawa Barat telah selesai melakukan rekapitulasi suara tingkat provinsi. Adapun setelah ini pleno rekapitulasi suara dilakukan di tingkat KPU RI, dan setelah itu perhitungan selesai.

"Demikian berita acara dan sertifikat (D Hasil) ini dibuat, sah," kata Ahmad sembari mengetok palu.

Berikut anggota DPD RI Dapil Jawa Barat dengan suara terbanyak berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara KPU Jawa Barat:

1. lfiansyah Komeng: 5.399.699
2. Aanya Rina Casmayanti: 1.976.561
3. Jihan Fahira: 1.823.907
4. Agita Nurfianti: 1.168.837
5. Aceng Fikri: 1.128.912

Baca Juga: Rekapitulasi Suara Komeng, Teriakan 'Uhuy' Menggema di KPU Jabar

Baca Juga: Mengejar Komeng, Uhuy!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya