Pj Gubernur Jabar: Jokowi Jajal KCJB dari Halim ke Tegalluar Besok

Presiden bakal uji coba bersama jajaran para menteri

Bandung, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan menjajal langsung Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) pada Rabu (13/9/2023). Jokowi akan menaiki kereta cepat ini dari Stasiun Halim ke Stasiun Tegalluar.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin. Dia mengatakan, perjalanan presiden ke KCJB besok masih dalam rencana. Adapun uji coba ini sebelumnya sudah sempat dilakukan pada beberapa waktu kemarin.

"Kereta cepat, Pak Jokowi rencana akan ke Bandung itu melihat perjalanan seperti apa langsung dari Halim ke Tegalluar rencana besok," kata Bey di Kantor Kejati Jabar, pada Selasa (12/9/2023).

1. Bey pastikan fasilitas KCJB sudah bagus

Pj Gubernur Jabar: Jokowi Jajal KCJB dari Halim ke Tegalluar BesokIDN Times/Yogi Pasha

Menurutnya, kondisi infrastruktur KCJB sudah tergolong mengalami banyak kemajuan. Persiapan pengoperasian untuk masyarakat umum dirasakannya sudah maksimal. Dia juga sudah menjajal langsung kecepatan KCJB.

"Saya naik sih sudah bagus, dengan kecepatan mencapai 350 kilometer per jam, itu bagus sangat bagus dan tidak goyang," ungkapnya.

2. Agenda lain presiden di Kota Bandung maaih belum diketahui

Pj Gubernur Jabar: Jokowi Jajal KCJB dari Halim ke Tegalluar BesokKeterangan Pers Presiden RI Setelah Meninjau Pintu Masuk Tunnel 2 Proyek KCJB pada Senin (17/1/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Disinggung soal agenda lain Presiden Jokowi setelah uji coba KCJB di Kota Bandung, Bey mengatakan, untuk hal itu maaih belum diketahuinya. Namun presiden akan terlebih dahulu menjajal KCJB dari Stasiun Halim ke Tegalluar.

"Belum ada update, tapi intinya kereta cepat besok," kata dia. 

3. Menhub pastikan presiden uji coba KCJB besok

Pj Gubernur Jabar: Jokowi Jajal KCJB dari Halim ke Tegalluar BesokUji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dengan menggabungkan dua rangkaian kereta. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Untuk diketahui, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi memastikan bahwa Presiden Jokowi bakal menjajal KCJB pada 13 September 2023. Presiden akan menjajal sebelum nantinya resmi beroperasi untuk masyarakat umum pada 1 Oktober 2023.

"Sebelum beroperasi pada 1 Oktober 2023, Bapak Presiden Joko Widodo akan mencoba kereta cepat pada 13 September," ujar Menhub Budi dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (12/9/2023).

Sejumlah pihak yang dilibatkan antara lain Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kementerian ATR/BPN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kabupaten Bandung, PT Jasa Marga, sejumlah lembaga dan pihak swasta terkait dalam rangka percepatan kesiapan aksesibilitas KCJB.

Baca Juga: Era Baru Transportasi, Masyarakat Diperkenalkan KCJB Lebih Dekat

Baca Juga: Dijajal Jokowi pada 1 September, KCJB Akan Beroperasi Penuh 1 Oktober

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya