Pilkada Kabupaten Bandung: Mampukah Artis Tumbangkan Partai Beringin? 

Pengamat menilai artis berpotensi menangkan Pilkada Bandung

Bandung, IDN Times - Mesin partai politik dalam Pilkada 2021-2026 Kabupaten Bandung mulai memanas. Dari atlet sepak bola, pengusaha, hingga deretan artis mulai digandeng untuk memperebutkan kursi Bupati dan Wakil Bupati Bandung.

Perang bintang di Kabupaten Bandung tersebut sudah mulai ditandai dari majunya mantan pemain Persib Bandung, Atep Rizal atau akrab dengan sapaan "Lord" Atep yang berpasangan dengan Yena Iskandar Ma'soem dari PDIP yang berlatar belakang pengusaha. Lord Atep juga kini sudah dipinang oleh partai PAN. Keduanya digandeng akan maju sebagai bakal calon (Balon) Pilkada Kabupaten Bandung. 

1. Petahana Gun Gun Gunawan juga menggandeng artis Dina Lorenza

Pilkada Kabupaten Bandung: Mampukah Artis Tumbangkan Partai Beringin? Instagram.com/dinalorenza1975

Berdasarkan data dihimpun IDN Times, selain pasangan Yena-Atep, Wakil Bupati petahana, Gun Gun Gunawan juga menggandeng mantan presenter dan pesinetron Dina Lorenza Audria atau Dina Lorenza dari Partai Demokrat. Pasangan tersebut diusung oleh PKS dan secara otomatis dari partai Demokrat.

Dua pasangan tersebut disebut memiliki strategi untuk menggaet suara masyarakat Kabupeten Bandung. Salah satu caranya dengan membuat akronim yakni Bunga Desa (Membangun bersama Gun Gun Gunawan dan Dina Lorenza).

2. Sahrul Gunawan juga turut digandeng menjadi bakal calon Bupati Kabupaten Bandung

Pilkada Kabupaten Bandung: Mampukah Artis Tumbangkan Partai Beringin? instagram.com/sahrulgunawanofficial

Selain Yena-Atep dan Bunga Desa, Sahrul Gunawan juga turut terjun langsung dan meramaikan Pilkada Kabupaten Bandung. Sahrul yang kini menjadi anggota partai PKB tersebut, turut mencalonkan diri mendampingi Dadang Supriatna (Kang DS). Dua pasangan tersebut didukung oleh partai PKB dan NasDem.

Sebelumnya, dua pasangan ini juga mendapat dukungan dari Suporter Viking Kabupaten Bandung, meski legenda Persib Lord Atep juga mencalonkan diri. Namun, suporter maung Bandung tersebut justru memilih Kang DS-Sahrul Gunawan.

3. Partai Golkar masih belum meresmikan balon Bupati Pilkada Kabupaten Bandung 2020

Pilkada Kabupaten Bandung: Mampukah Artis Tumbangkan Partai Beringin? Silaturahmi Politik Ketum AHY ke Partai Golkar (Dok. Demokrat)

Selain para bintang yang berbondong-bondong mengikuti Pilkada Kabupaten Bandung yang akan digelar pada Desember 2020 tersebut, istri Bupati petahana, Dadang Nasher, Nia Kurnia Naser, konon akan maju dan diusung oleh Partai Golkar.

Namun kabar tersebut hingga kini masih belum bisa dipastikan. Hanya saja, partai yang sudah berkuasa selama 20 tahun di Kabupaten Bandung ini cukup percaya diri memenangkan kembali Pilkada 2021-2026.

4. Pengamat sebut artis dapat menggenjot voters Kabupaten Bandung

Pilkada Kabupaten Bandung: Mampukah Artis Tumbangkan Partai Beringin? IDN Times/Debbie Sutrisno

Dengan perang bintang Pilkada Kabupaten Bandung tersebut, Pengamat Komunikasi Politik Unikom Bandung yang juga Direktur Eksekutif Lingkar Kajian Komunikasi dan Politik (LKKP) Adiyana Slamet mengatakan, para bintang yang digaet partai politik untuk maju Pilkada Kabupaten Bandung  memiliki peluang besar untuk menang.

"Kalangan selebritis diyakini bisa meruntuhkan kekuasaan yang telah lama dikuasai. Terlebih ada indikasi dari jenuhnya masyarakat dengan sitem oligarki,di Kabupaten Bandung," ujar Adiyana saat dihubungi, Minggu (16/8/2020).

Ia menambahkan, secara umum artis memiliki modal besar sosial. Hal tersebut pun diyakini dia dapat menggaet voters masyarakat Kabupaten Bandung.

"Repositioning politik ini menjadi perlu. Di mana pasangan sang artis yang berasal dari kader murni partai tapi di suatu daerahnya voters-nya lemah, bisa didongkrak oleh popularitas sang artis," tuturnya.

"Popularitas bukan hal yang mutlak. Harus diimbangi kapasitas di diri si artis. Baik kapasitas pendidikan politiknya, kredibilitas, elektabilitas dan accept-bilitasnya," kata dia.

Baca Juga: Kabupaten/Kota di Jabar Bisa AKB Asal Penuhi 14 Indikator Ini

Baca Juga: 38 Orang Positif Corona, Gedung DPRD Jabar Ditutup Selama 14 Hari! 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya